Ekonomi

Sosok Dirut Pertamina Dinilai Layak Jadi Wanita Paling Berpengaruh di Dunia

INDOPOSCO.ID – Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati dinilai layak menjadi 17 wanita paling berpengaruh di dunia versi Fortune International karena keberhasilannya membawa BUMN migas tersebut keluar dari kesulitan di masa pandemi.

Hal itu dikatakan Direktur Eksekutif ReforMiner Institute Komaidi Notonegoro menanggapi majalah Fortune International yang menempatkan Nicke di peringkat 17 dari 100 perempuan paling berpengaruh di dunia. Majalah ini menilai Nicke terbukti mampu melewati tantangan triple shock.

“Saya kira ini bentuk apresiasi pihak eksternal kepada beliau (Nicke) karena keberhasilannya membawa BUMN yang dipimpinnya keluar dari kesulitan di masa pandemi,” ujarnya melalui keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (16/10/2021).

Menurut dia, keberhasilan Pertamina, antara lain tercermin dari laporan keuangan di antaranya berhasil meraih laba di tengah kondisi yang berat. “Padahal, pada saat itu tidak sedikit industri migas dunia yang justru mengalami kerugian,” ujarnya.

Sesuai laporan keuangan pada semester I tahun 2021, Pertamina membukukan laba sebesar 183 juta dolar AS atau setara dengan Rp2,6 triliun. Sedangkan periode yang sama tahun 2020 perusahaan sempat mengalami kerugian sebesar USD 768 juta.

Dengan begitu, tambahnya, BUMN migas ini berhasil meningkatkan laba sebesar USD 951 juta atau setara dengan Rp13,6 triliun.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button