Ekonomi

Petani Lampung Produksi Porang Chips untuk Ekspor

INDOPOSCO.ID – Sejumlah petani di Lampung mulai memproduksi umbi porang menjadi chips kering untuk memenuhi kebutuhan ekspor akan komoditas potensial tersebut.

“Disaat ini penanaman umbi porang oleh petani memang semakin menggeliat karena prospek komoditas tersebut sebagai komoditas unggulan cukup bagus,” ucap salah seorang petani porang di Lampung, Joniyansah saat dihubungi Antara dari Bandarlampung, Rabu (15/9/2021).

Dia menjelaskan untuk umbi porang milik petani di Lampung sudah mulai diolah menjadi chips untuk menambah nilai jual produk serta memenuhi permintaan ekspor pabrik yang berada di Pulau Jawa.

“Kita tidak menjual bentuk umbi basah tetapi yang sudah berbentuk chips, karena harga jauh lebih mahal. Untuk pengiriman biasa ke pabrik yang ada di Jawa karena di Lampung belum ada pabrik pengolahan chips porang. Sekali kirim chips porang bisa mencapai 4 ton,” tuturnya.

Menurutnya, pengolahan umbi porang menjadi chips itu dilakukan dengan menjalin kemitraan bersama koperasi, sehingga penyerapan panen porang di Tanggamus dan sekitarnya bisa tercapai.

“Kalau untuk petani yang produksi chips dengan metode oven hanya ada 11 orang dan tersebar di beberapa kabupaten. Pada umumnya memang petani mengolah chips porang yang dikeringkan secara alami menggunakan sinar matahari,” ucapnya.

Ia memaparkan dalam proses produksi chips porang perbandingannya beragam tergantung masa panen, ada yang 5 ton umbi basah bisa jadi satu ton chips, ada juga yang 3-4 ton umbi basah jadi satu ton saja chips kering.

“Saat pengelolaan umbi porang milik petani menjadi chips kering oven ini hasilnya beragam tergantung kadar air serta jumlah panen. Namun yang pasti bisa membantu menyediakan lapangan pekerjaan untuk warga sekitar, disini saja yang bekerja dari pengolahan umbi basah, mencuci, merajang sampai oven bisa dikerjakan 14 warga,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button