Ekonomi

Pemprov Jateng Masifkan Digitalisasi Pemasaran Produk UMKM

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah memasifkan digitalisasi pemasaran produk-produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagai upaya meningkatkan perekonomian saat pandemi Covid-19.

“Kami memasifkan dengan mengubah strategi berdagang konvensional pelaku UMKM ke digital di antaranya dengan peningkatan literasi digital, pelatihan, bimbingan teknis, dan workshop,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah Emma Rachmawati seperti dikutip Antara, Minggu (5/9/2021).

Ia mengungkapkan berdasarkan data tercatat sebanyak 44.338 pelaku usaha kecil menengah terdampak pandemi Covid-19. Dari jumlah itu, UKM yang paling banyak terdampak adalah bidang makanan minuman sebanyak 65,33 persen, perdagangan 16,40 persen, dan jasa 6,93 persen.

“Jika dilihat dari permasalahannya, secara persentase 52,98 persen UKM mengalami kendala dalam pemasaran. Selain itu, ada kendala dari permodalan sebanyak 30,24 persen,” ujarnya.

Menurut dia, kondisi ini tidak berbeda jauh ketika PPKM darurat mulai diberlakukan pada 5 Juli 2021. Oleh karena itu, Pemprov Jateng melakukan digitalisasi pemasaran sekaligus menjalin kerja sama dengan platform jualan dan pelatihan daring.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button