Ekonomi

Alami Perlambatan Akibat Covid, PT Tira Austenite Tbk Lakukan Transformasi di Bisnis Gas

INDOPOSCO.ID – Kinerja bisnis PT Tira Austenite Tbk hingga periode Juni 2021 mengalami perlambatan. Hal itu tidak lepas dari situasi pandemi Covid-19 yang berdampak pada kinerja industri pada umumnya tak terkecuali emiten berkode saham TIRA ini. Kinerja penjualan TIRA pada periode itu mengalami penurunan 15 persen menjadi Rp114,91 miliar dari periode yang sama tahun 2020 sebesar Rp134,77 miliar.

Presiden Direktur Tira Austenite, Selo Winardi menjelaskan beban pokok perusahaan juga mengalami penurunan dari Rp 88,09 miliar menjadi Rp 73,86 miliar. Kemudian laba bruto turun dari Rp 46,68 miliar menjadi Rp 41,05 miliar. Sedangkan laba usaha yang bisa diperoleh perusahaan yang bergerak di sektor manufaktur dan penjualan produk elektronik ini mencapai Rp 3,51 miliar atau lebih rendah jika dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 4,71 miliar.

“Penurunan (kinerja) ini terjadi karena kondisi pasar dalam negeri yang mengalami perlambatan akibat Covid-19 khususnya divisi steel yang juga terkendala oleh kondisi global seperti harga baja dunia dan juga akibat kebijakan impor dari pemerintah yang diperketat,” ujar Selo dalam public expose virtual, Jumat (27/8/2021).

Dijelaskannya meski dari sisi penjualan produk baja mengalami penurunan sebesar 24 persen pada periode itu, namun bisnis penjualan gas dan manufaktur justru mengalami peningkatan sebesar 33 persen. Artinya penurunan penjualan yang terjadi pada satu sisi bisa dikompensasi oleh hasil penjualan dari divisi lainnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button