Ekonomi

Kemenkumham Ingin Indonesia Miliki Kopi yang Diakui Dunia

INDOPOSCO.ID – Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) menginginkan Indonesia memiliki jenis kopi spesial yang diakui serta dapat bersaing di tingkat dunia.

“Kita ingin Indonesia memiliki kopi khusus yang diakui dunia karena Indonesia merupakan salah satu negara dengan varietas kopi terbanyak di dunia,” tutur Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham Freddy Harris seperti dikutip Antara Jakarta, Selasa (24/8/2021).

Dia menjelaskan apabila produk kopi indikasi geografis (IG) di Tanah Air sudah bagus, Kemenkumham melalui DJKJ akan mengumumkan nama Kopi Indonesiana serta siap dipopulerkan secara global. Sebagai negara penghasil varietas kopi terbanyak di dunia hingga 300 varietas, tutur dia, seharusnya kopi asal Indonesia dapat bersaing serta tidak kalah dari jenis Arabica, Americana, serta Robusta.

Freddy menjelaskan kebanyakan produk IG yang didaftarkan di Kantor Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham adalah produk kopi. Berdasarkan situs ig.dgip.go.id jumlahnya mencapai 31 produk dari 92 produk yang terdaftar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button