Ekonomi

Harga Batu Bara Ditetapkan Pada Level Tertinggi dalam 1 Dasawarsa Terakhir

INDOPOSCO.ID – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menetapkan harga batu bara naik dari 15,02 dolar AS per ton menjadi 115,35 dolar AS per ton sebagai acuan harga di bulan Juli ini. Sedangkan harga pada bulan-bulan sebelumnya selalu berada pada level 100,33 dolar AS per ton.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agung Pribadi menyatakan harga batu bara acuan ini menyentuh level tertinggi dalam 10 tahun terakhir sejak November 2011 akibat dipicu peningkatan konsumsi di negara-negara Asia Timur.

“Kapasitas pasokan batu bara domestik China terus menipis seiring kembalinya bergeliatnya aktivitas pembangkit listrik. Kenaikan tersebut menjadi yang paling tinggi dalam satu dekade terakhir,” ujar Agung seperti dikutip Antara, Selasa (6/7/2021).

Dikatakan, China cukup kewalahan memenuhi kebutuhan batu bara dalam negerinya akibat terjadinya kendala operasional, seperti kecelakaan tambang dan perubahan cuaca ekstrem di negaranya. Hal ini membuat produksi mereka terganggu.

Selain China, Jepang dan Korea Selatan juga menunjukkan grafik kenaikan pemakaian batu baru yang secara otomatis berimbas pada kenaikan harga batu bara secara global.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button