Tips Inspiratif untuk Lancarkan Bisnis UMKM di Tengah Pandemi

INDOPOSCO.ID – Pandemi Covid-19 yang melanda dunia saat ini membuat setiap pelaku usaha harus bisa berinovasi agar tetap dapat bertahan. Tak terkecuali para pelaku bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).
Tentu penerapan sistem digitalisasi sangat dibutuhkan karena dinilai dapat dilakukan untuk mengakselerasi bisnis agar bisa menjadi lebih luas. Metode promosi menggunakan sosial media menjadi trik yang dapat diterapkan untuk dapat menjaring banyak pembeli.
Melihat peluang itu, Bank Central Asia (BCA) mengambil langkah dengan menggelar webinar yang berhasil menghimpun tips-tips menarik untuk meningkatkan penjualan langsung dari dua orang yang bekerja di dua platform media sosial terkemuka, yaitu SMB Account Manager TikTok Indonesia, Demas Ryan dan Kepala Bagian Industri Facebook Indonesia, Aldo Rambie
Edukasi ini merupakan langkah BCA untuk mendukung UMKM go digital. Adapun berbagai tips inspiratif yang dibagikan untuk para pelaku UMKM, di antaranya bekerja sama dengan komunitas di media sosial, memproduksi konten yang inspiratif, informatif dan menyenangkan, konten beriklan dan cermati customer journey.
“Kami memahami bahwa di tengah ruang gerak yang terbatas saat ini, pelaku UMKM membutuhkan ruang untuk mempromosikan produk yang dimiliki dan meningkatkan skill untuk memenuhi kebutuhan pasar,” ujar EVP Commercial & SME BCA, Freddy Iman kepada media melalui keterangan tertulis, Kamis (17/6/2021).
Sementara, Demas Ryan beberapa waktu lalu dalam webinar ‘Creating Creative Content with TikTok Indonesia’ mengatakan, video sharing merupakan platform yang membantu UMKM untuk dapat bertumbuh, hal ini dapat diwujudkan melalui organik dan iklan.
“Seperti yang telah diketahui bahwa TikTok merupakan platform video digital sharing. Video pendek merupakan jawaban untuk meningkatkan kepercayaan dan mempengaruhi behaviour pembeli,” katanya.
Kemudian Aldo Rambie beberapa waktu lalu dalam webinar ‘Bisnis Naik Kelas melalui Instagram, Facebook & Whatsapp’ mengatakan, bagi pelaku bisnis UMKM terdapat empat pilar yang bisa mendukung perencanaan bisnis, yaitu curation, community, conversation dan commerce.
“Pilar inilah yang digunakan Facebook Indonesia untuk membantu pengembangan bisnis yang dimiliki oleh UMKM,” sebut dia.
Dukungan BCA terhadap kemajuan bisnis UMKM tidak hanya melalui kegiatan BCA UMKM Fest. Sebelumnya, BCA juga telah menyuarakan kampanye #BanggaLokal yang merupakan program bertujuan untuk membantu UMKM mengembangkan bisnis. Tak hanya promosi dan marketing, dilakukan juga kegiatan edukasi dan kesempatan mendapatkan pembiayaan modal kerja bagi UMKM yang lolos seleksi melalui #BanggaLokal. (arm)