Ekonomi

Reformasi Pajak Harus Tingkatkan Kesejahteraan Masyarakat

INDOPOSCO.ID – Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menyatakan reformasi tata kelola perpajakan harus mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kondisi ini merupakan momentum bagi para pemangku kepentingan untuk memberi pemahaman yang utuh terhadap RUU tersebut,” kata Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Reformasi Sistem Perpajakan yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu (16/6/2021).

Ia mengatakan saat ini memang diperlukan pemahaman yang utuh dari masyarakat terkait upaya reformasi sistem perpajakan yang sedang diupayakan pemerintah untuk menopang proses pembangunan di tanah air.

Berita Terkait

Terkait hal ini, ia berharap agar para pemangku kepentingan membuka ruang diskusi yang memadai agar terbentuk pemahaman yang cukup bagi masyarakat terkait kebijakan yang akan diterapkan. “Bila kebijakan tersebut sudah dipahami dengan baik oleh masyarakat, diharapkan potensi gejolak di masyarakat yang tidak perlu bisa ditekan,” kata anggota Majelis Tinggi Partai NasDem tersebut.

Narasumber lain, Pendiri dan Ekonom senior Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Hendri Saparini menilai jika ingin mereformasi sistem perpajakan nasional harus dilakukan secara menyeluruh.

Ia mengatakan upaya mereformasi sistem perpajakan sebenarnya sudah dilakukan sejak kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, namun upaya tersebut belum cukup memperbaiki struktur dan penerimaan pajak dalam negeri.

“Apakah ada permasalahan pada pengumpulan pajak dan pemanfaatan pajak? Ini harus ada evaluasi dulu,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button