Ekonomi

Brantas Abipraya Bangun Kembali NTT Pascabencana

INDOPOSCO.ID – PT Brantas Abipraya (Persero) bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membenahi Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya Kupang melalui Proyek Tanggap Darurat untuk percepatan peningkatan konektivitas yaitu penanganan jalan nasional di Kupang, yaitu Proyek Pekerjaan Tanggap Darurat Longsoran Batu Putih cs.

“Kami akan fokus dalam penanganan jalan nasional tepatnya di Jalan Batu Putih, agar cepat rampung dan lekas dapat dimanfaatkan bagi masyarakat. Ini adalah bukti komitmen kami sebagai salah satu BUMN konstruksi yang selalu ada untuk Indonesia, ini merupakan upaya kami membangun kembali infrastruktur di Kupang,” ujar Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya, Miftakhul Anas dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/5).

Bukannya tanpa alasan, sejumlah daerah masih terisolasi pasca bencana banjir bandang akibat badai siklon tropis Seroja di sejumlah daerah di NTT. Hal ini dikarenakan banyaknya jalan yang rusak, bahkan terputus.
Mulai dikerjakan pada 15 April 2021, Brantas Abipraya menyampaikan keoptimisannya dapat menyelesaikan penanganan jalan ini pada 15 Oktober 2021. Nantinya diharapkan dapat membuka akses kendaraan roda dua maupun roda empat sehingga proses evakuasi dapat semakin lancar dan cepat tertangani secara merata, serta mempermudah pendistribusian logistik.

“Saat ini kami sedang melakukan pembersihan lahan dari sedimen atau endapan lumpur di jalan serta pengukuran. Setelah ini baru kami membuat design penanganan permanen dan tentunya berdasarkan data soil investigation akan dibuat design tersebut lalu dievaluasi dan disetujui Bersama oleh team leader Manajemen Kostruksi, Pejabat Pembuat Komitmen perencanaan dan Kepala Satuan Kerja perencanaan,” jelas Project Manager Proyek Pekerjaan Tanggap Darurat Longsoran Batu Putih cs, Danang Wicaksana.

Ditambahkannya, dalam penanganan jalan nasional sepanjang sekitar 10 kilometer dengan lebar 7 meter ini harus dilakukan DPT Beton, Plat Dekker, pekerjaan Shorcrete, Soil Nailing dan Saluran karena selain longsor jalan di Jalan Batu Putih, terjadi juga longsor tebing karena bencana banjir tersebut. Pekerjaan Bronjong pun akan dilakukan guna memperkuat tebing.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button