Ekonomi

Bea Cukai Dorong Ekspor Produk Khas Daerah

INDOPOSCO.ID – Daerah memegang peranan penting dan besar dalam pengembangan ekspor nasional. Terlebih di era desentralisasi saat ini, peranan dan inisiatif pemerintah daerah berpengaruh pada perkembangan ekonomi dan peningkatan ekspor. Menyadari hal tersebut, Bea Cukai kian gencar merangkul pemerintah daerah dalam mendorong potensi ekspor produk-produk khas daerah, termasuk hasil produksi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Di Malang, pada tanggal 5 Maret 2021 Bea Cukai menggelar diskusi dengan Dinas Koperasi, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskopindag) Kota Malang perihal pemberian fasilitas kepabeanan dengan tujuan untuk mendorong UMKM yang ada di Kota Malang dapat melakukan ekspor ke luar negeri.

“Malang terkenal akan sentra industri pengolahan tempe dan rotan di Indonesia, tetapi berdasarkan data yang dimiliki oleh Diskopindag Kota Malang, belum ada sentra industri UMKM yang melakukan ekspor secara langsung dari Kota Malang,” kata Kepala Seksi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai I Bea Cukai Malang, Dian Purwanto menjelaskan tujuan asistensi tersebut.

Dian pun menjelaskan tentang teknis pemberian fasilitas KITE IKM (Kemudahan Impor Tujuan Ekspor untuk Industri Kecil Menengah), yaitu sebuah fasilitas yang diberikan untuk IKM yang melakukan pengolahan, perakitan, atau pemasangan bahan baku yang hasil produksinya untuk tujuan ekspor.

“Dengan diberikannya Fasilitas KITE IKM, yang diyakini mampu mengurangi biaya produksi, diharapkan dapat mendorong UMKM khususnya di wilayah Kota Malang untuk melakukan ekspor. Satu hal yang perlu diingat, pemberian fasilitas KITE IKM, hingga nantinya UMKM tersebut dapat melakukan ekspor tidak dikenakan biaya sepersenpun,” lengkapnya.

Tak berbeda, di Gresik, Bea Cukai bersama Diskopindag Kabupaten Gresik bersama membahas kiat-kiat meningkatkan ekspor di Gresik, termasuk mencari pembeli dan bantuan pembiayaan dari instansi terkait. Pada tanggal 17 Februari 2021 lalu pun kedua instansi mengunjungi dan mengasistensi UMKM Soe Art Jaya, produsen tas dari bahan alam, agar segera dapat melaksanakan ekspor produknya.

Koordinasi yang lebih intensif antara pemerintah daerah dan Bea Cukai memang diperlukan untuk membenahi hal-hal yang menjadi faktor pendukung bagi peningkatan daya saing produk-produk ekspor industri olahan dalam negeri.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button