Ekonomi

Pemerintah Yakin Tol Tebing Tinggi-Serbelawan Dongkrak Ekonomi

INDOPOSCO.ID- Pemerintah Pusat berharap akses jalan tol Tebing Tinggi-Serbelawan, Sumatera Utara (Sumut) yang menghubungkan Kualanamu hingga ke Parapat, salah satu akses menuju Danau Toba akan dapat meningkatkan ekonomi daerah sekitar.

“Kita harap pembangunan tol ini mampu mempercepat akses yang ada, demi memutar perekonomian masyarakat,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan saat melanjutkan peninjauan pembangunan fasilitas pendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, yakni ke proyek jalan tol Tebing Tinggi-Serbelawan, Sumut, Sabtu (13/2/2021).

Luhut mengatakan, pembangunan tol tersebut akan menjadikan waktu tempuh dari Parapat hingga Kualanamu menjadi satu setengah hingga dua setengah jam. “Nantinya juga akan dibangun kawasan-kawasan wisata di sekitar jalan tol yang diharapkan dapat memajukan usaha UMKM sekitar. Jalan tol itu diharapkan dapat merangkai simpul ekonomi masyarakat sekitar secara keseluruhan selain mendukung akses menuju destinasi Danau Toba,” jelasnya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (14/2/2021) seperti dilansir Antara.

Rencananya, jalan tol yang akan dibuka pada akhir Desember 2021 itu akan menghubungkan sampai ke Pematang Siantar. Sedangkan rencana pembangunan jalur Parapat dan Sibolga diperkirakan akan rampung pada 2024.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button