Ekonomi

Ekspor Tuna dari Ambon ke Jepang Terus Tumbuh

INDOPOSCO.ID – Ekspor produk perikanan dari Maluku terus tumbuh. Terbaru sebanyak 53,6 ton ikan tuna senilai lebih dari USD513 ribu siap dikirim ke Jepang, Amerika Serikat dan Vietnam.

Sebagian produk ekspor tersebut dilepas Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono di Bandara Pattimura Ambon, Sabtu (6/2/2021). Jumlahnya ada 6,2 ton ikan tuna dengan tujuan Jepang. Selain bandara, pengiriman juga dilakukan lewat pelabuhan ke negara pengimpor.

“Mudah-mudahan ini kontinu dan semakin besar ekspornya dari sini. Artinya kalau semakin besar, implikasinya ke belakang juga besar,” ujar Menteri Trenggono dalam keterangannya, Minggu (7/2/2021).

Berita Terkait

Trenggono meminta jajarannya di Balai Karantina Ikan dan Pengendalian Mutu (BKIPM) Ambon memastikan dan menjamin tidak ada lagi kasus penolakan produk perikanan Indonesia di negara tujuan. Perlu dilakukan pembinaaan secara rutin kepada pelaku usaha mulai dari hulu sampai dengan hilir.

Langkah tersebut, menurutnya, juga sebagai upaya meningkatkan kepercayaan pasar dunia terhadap produk perikanan Indonesia. Dia pun optimistis ekspor perikanan dari Maluku bisa terus tumbuh.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button