Disway

Membaik Memburuk

Oleh: Dahlan Iskan

INDOPOSCO.ID – Umirnya sudah 82 tahun tapi masih mampu bikin panas-dingin dunia: Nancy Pelosi. Ketua DPR Amerika Serikat itu sudah tiba di Singapura. Kemarin. Sudah bertemu Perdana Menteri Lee Hsien Loong.

Singapura memang partner terbaik Amerika di Asia Tenggara. Punya hubungan perdagangan bebas.

Berita Terkait

Dari Singapura Pelosi akan mampir ke Malaysia, tapi tidak Indonesia. Setelah hari ini di Kuala Lumpur jadwal Pelosi berikutnya penuh misteri. Maunyi ke Taiwan. Tidak. Pergi. Tidak. Ke sana. Mampir satu malam. Tidak. Penuh rahasia.

Amerika sudah mulai mengerahkan angkatan perang. Mereka bergerak ke dekat Taiwan. Termasuk kapal induknya.

Amerika juga terus memonitor pergerakan tentara Tiongkok. Berikut armada dan persenjataannya. Tiongkok juga terus memonitor pergerakan armada perang Amerika.

Tiongkok memang geram pada rencana kunjungan Pelosi ke Taiwan itu. Berbagai peringatan sudah dinyatakan. Termasuk ketika Presiden Xi Jinping berbicara lewat telepon dengan Presiden Joe Biden. Selama dua jam lebih. Dua hari lalu.

Tapi pun seorang presiden tidak bisa mengintervensi acara Ketua DPR Nancy Pelosi. Yang bisa dilakukan presiden adalah menjaga keamanan Pelosi. Terutama dari ancaman Tiongkok.

Pelosi pribadi tentu ingin bikin sejarah besar: menjadi pejabat tertinggi pertama yang menginjakkan kaki ke Taiwan. Setidaknya selama 25 tahun terakhir. Alasannya: untuk memberi dukungan pada gerakan demokrasi di Taiwan.

Sejak muda Pelosi memang sudah anti Tiongkok. Ideologis. Tiongkok dianggap komunis, otoriter dan musuh demokrasi. Dia terus mendukung demo besar Tiananmen. Juga mendukung gerakan pro-demokrasi di Hongkong. Dia juga mendukung dan menemui Dalai Lama, simbol perlawanan Tibet ke Tiongkok.

Dari sikap dasarnya itu bisa jadi Pelosi ngotot ke Taiwan. Detik terakhir baru dia putuskan. Ya. Atau tidak. Maka hari ini adalah hari yang paling mendebarkan: putusan apa yang diambil Pelosi di detik terakhirnya.

Tidak ada alasan bagi Pelosi untuk batal ke Taiwan. Takut pada ancaman Tiongkok sangatlah memalukan. Juga bisa membuat rakyat AS terhina.

Tentu ada alasan guyon yang bisa dipakai. Seperti yang ditemukan pembaca Disway kemarin: Pelosi belum menjalani booster ke-4.

Tapi Pelosi bukan pelawak. Yang penting semoga hari ini kabar di Taiwan baik-baik saja. Semoga hari ini bisa lewat tanpa insiden apa pun di sana.

Maka lebih baik kita cari hiburan ke Ukraina. Senin kemarin kapal besar pertama berhasil meninggalkan pelabuhan Odesa. Kapal itu membawa jagung sebanyak 26.000 ton. Nama kapalnya Razoni. Berbendera Sierra Leone, Afrika Barat.

Setelah lepas dari pelabuhan terbesar Ukraina itu Razoni mengarungi Laut Hitam menuju pelabuhan Istanbul, Turki. Di Istanbul kapal diperiksa secara saksama. Yang memeriksa adalah petugas Turki. Turki-lah yang menjamin keamanan kapal itu, termasuk menjamin kebenaran isinya.

Dari Turki kapal Razoni akan memasuki Laut Marmara menuju pelabuhan Lebanon. Itulah kapal pertama berisi bahan pangan. Yang akan disusul dengan kapal-kapal berikutnya berisi gandum, minyak goreng bunga matahari dan kedelai. Turki ternyata bisa menjadi negara yang meredakan krisis pangan dunia.

Begitulah dunia. Membaik di sini memburuk di sana. (*)

Anda bisa menanggapi tulisan Dahlan Iskan dengan berkomentar http://disway.id/. Setiap hari Dahlan Iskan akan memilih langsung komentar terbaik untuk ditampilkan di Disway.

Komentar Pilihan Disway Edisi 1 Agustus 2022: Perjalanan Ide

thamrindahlan

Kata kunci ragu.. Posisi keraguan konsumen di tengara i solusi menghilangkan resiko rugi. Sewa merupakan solusi paling tepat. Coba coba dulu kalau nyaman baru putuskan beli mobil listrik. Mr. Painters cerdas setelah jatuh bangun di kancah bisnis mobil listrik. Tangguh. Anda sudah tahu BUMN menggunakan strategi sewa mobil (bensin) plus sopir untuk para pejabat. Cost lebih murah ketimbang beli mobil baru yang mahal minta ampun karena mark up dan biaya perawatan Tampaknya bisnis ini akan menular atau menjalar di negara lain. Kiat bisnis sewa menyewa melawan ragu tak pula cocok untuk bidang sosial seperti perkawinan (nikah kontrak?) hahaha. Have a nice monday. Salamsalaman.

bagus aryo sutikno

Persewaan yg lagi trend adalah sewa tubuh mulus gadis untuk pajangan baju. Di YouTube, trend ini menghebat. Biasanya penjual baju mendemokan baju pake manekin. Tapi sekarang, malah pake tubuh real. Penjual melepas pasang tuch baju di depan camera. Jualan baju dengan viewer yg ora umuumm. Aneh2 wae bisnis persewaan. Atau logaritma YouTube saya yg rada2 sedeng yaa. Kwkwkwkw

Muin TV

Di Riau ada pabrik bubur kertas besar, RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper). Untuk menghemat biaya listrik, dia tidak pakai solar cell. tapi pakai listrik batu bara. Ternyata solar cell pun masih kalah sama batu bara.

Sapardi ST

Membaca Disway Pagi ini , semakin terganggu dengan iklan BH, yang sudah dihapus dengan komen, “Iklan tidak pantas” masih juga muncul lagi dengan iklan yang sama… Sampai tiga kali dengan komen yang sama, baru gak muncul lagi, apalagi iklan coronavirus itu yang susah dihapusnya… jadi kesimpulannya… membaca disway itu hanya 30% fokus ke tulisan abah… mohon maaf ya bah… walaupun begitu tetep saya selesaikan, karena media yang lain menurut saya sudah malas mengikuti..

rihlatul ulfa

maaf telat baru baca artikel sabtu dan minggu. untuk kasus sheren vs julianto,mungkin dari segi jurnalistik sangat sulit untuk di percaya kebenaran dari sisi sheren,yang pengakuannya pelecehan seksual itu di alaminya 9 tahun lalu, sedangkan di waktu yg bersamaan sheren mempunyai pacar,yg lama waktunya juga hampir sama dengan rentang waktu dugaan pelecehan seksual yg di alaminya. dari sisi logis,semua kemungkinan bisa saja terjadi. 1.sheren ternyata mempunyai pacar dengan waktu berpacaran yg cukup lama,kita tidak tahu apa yg sudah di lakukan ke dua pasangan itu 2.sheren mengaku di lecehkan dari tahun 2009. 3.apakah sheren mempunyai bukti2 otentik? chat sms, rekaman suara,video yg di ambil diam-diam. atau langsung saja lihat nomor telepon yg ia pakai di rentang tahun2 itu,apakah ada banyak nomor julianto yg mengindikasi kan,kalau memang mereka seperti mempunyai hubungan khusus. ini bukan tentang masalah selalu perempuan di salahkan dalam setiap kasus pelecehan seksual,tapi harusnya sheren wajib mempunyai bukti2 yg meyakinkan jika memang pelecehan seksual itu dilakukan dalam rentang waktu yg lumayan cukup lama. melihat sheren bisa dengan mudah berpindah agama, mungkin bisa juga mengindikasi dia jadi lebih mudah untuk di suap untuk membuat nama julianto lenyap. maaf abah,saya tidak bisa berkomentar tentang artikel pagi ini tentang mobil listrik,bukan tidak menarik,tapi pasti komentar saya kalah dengan komentator2 harian Disway lain yg jago2 banget hehehe

Lukman bin Saleh

Membaca kisah2 org sukses rasanya selalu ada kesamaan. Orgnya pekerja keras, menderita, d cela, d pojokkan, pantang menyerah, tahan banting, gagal berkali2, jatuh bangun, dan seterusnya. Mengingat itu. Rasanya sy msh jauh untuk bisa sukses. Krn msh bnyak hal2 d atas yg blm saya lakukan dan rasakan. Untuk saat ini. Sy baru bisa mengagumi dan berterimakasih kpd orang2 sukses…

Liam Then

Hitungan rahasinya ada di ujung tulisan. IPO. Orang barat luar biasa pintar, segala text book, teori , pegangan, disebar dan di ajarkan. Nanti kan banyak yang merasa pintar. Terjun dewe’an, tak perlu di sorong-sorong. Firma kapital swasta luar biasa raksasa. Sedikit gerakan saja bisa memicu gelombang. Bikin kapal besar kecil pontang panting terombang ambing. Yang tak beruntung ya karam, bersama isi-isi harapan, prediksi yang dibawa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button