INDOPOSCO.ID – Dalam upaya meningkatkan kualitas layanan pendukung operasi industri migas, sebuah pelatihan intensif bagi ratusan tenaga ahli Food and Lodging Services (FLS) PT Patra Drilling Contractor (PDC) digelar di Bandung. Kegiatan ini menjadi momentum penting untuk memperkuat keterampilan praktis sekaligus memastikan standar layanan tetap berada pada level tertinggi.
Corporate Secretary PDC, Ani Aryani menegaskan bahwa tanggung jawab unit FLS tidak hanya sebatas menyediakan makanan, layanan binatu, dan tata graha, tetapi juga memastikan seluruh proses berlangsung dengan mutu terbaik.
“Untuk memastikan itu semua terpenuhi dengan baik, kompetensi karyawan di beberapa posisi terkait penting untuk selalu ditingkatkan dan diperbarui,” jelas Ani dalam keterangannya, Jumat (14/11/2025).
Program pelatihan dan sertifikasi ini terbagi ke dalam dua gelombang. Sesi perdana berlangsung pada 28 Oktober–1 November 2025 dengan fokus pada pengembangan keterampilan Cook dan Baker. Selanjutnya, sesi khusus untuk posisi Camp Boss dilaksanakan pada 3–4 November 2025.
Beragam materi diperdalam dalam kegiatan ini, mulai dari implementasi HACCP (Hazard Analysis and Critical Control Point) pangan, kesehatan dan keselamatan kerja, teknik pengolahan, hingga pemeliharaan kualitas produk makanan.
Peserta juga belajar mengenai kontrol pemakaian bahan, manajemen penyimpanan untuk meminimalkan food waste, pembuatan set menu, serta praktik teknis lainnya yang relevan dengan kebutuhan operasional.
Usai pelatihan, para peserta langsung mengikuti asesmen sertifikasi yang dipandu oleh asesor resmi. Tahapan ini menjadi penentu pengakuan kompetensi sekaligus menjadi wadah bagi para peserta untuk saling bertukar pengalaman dengan profesional lain di bidang yang sama.
Menurut Ani, kualitas layanan FLS adalah elemen penting dalam menjaga kepuasan pelanggan dan mendukung keberlanjutan operasional.
“Lebih jauh, harapannya semoga langkah dan upaya ini bisa menjadi kontribusi PDC dalam mendukung operasional seluruh customer mencapai ketahanan energi, dan mendukung pembangunan ekonomi berkelanjutan,” tutupnya.
Sementara itu, Pjs Manager FLS PDC, Rahmat Wijaya, juga menilai kegiatan ini sebagai strategi jangka panjang untuk membangun sumber daya manusia yang lebih kompeten dan siap menghadapi tuntutan industri.
Ia meyakini, setelah program pelatihan dan sertifikasi, unit bisnis FLS PDC akan terus berkembang dan semakin sukses di masa yang akan datang.
“Melalui kegiatan ini unit bisnis FLS dapat terus meningkatkan mutu layanan serta berkontribusi dalam menjaga standar tinggi operasional di seluruh wilayah kerja PDC,” harap Rahmat.
Dengan rangkaian pelatihan, sertifikasi, dan penguatan kapasitas ini, perjalanan peningkatan mutu layanan tidak berhenti di sini, justru menjadi fondasi yang kokoh untuk melangkah lebih jauh, menuju layanan operasional yang lebih unggul, profesional, dan berdaya saing tinggi. (her)









