• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
indoposco.id
No Result
View All Result
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Ekonomi

MR.D.I.Y. Ajak Generasi Muda Pilih Barang yang Berguna, Bukan Sekadar Viral

Folber Siallagan by Folber Siallagan
Rabu, 29 Oktober 2025 - 18:06
in Ekonomi
MR

MR.D.I.Y. Ajak Generasi Muda Pilih Barang yang Berguna, Bukan Sekadar Viral. foto: Istimewa

1.3k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Di tengah meningkatnya tren konsumtif di kalangan anak muda Indonesia, kemampuan mengelola keuangan pribadi kini menjadi tantangan tersendiri. Populix Report 2024 menunjukkan bahwa sebagian besar Gen Z Indonesia masih mengutamakan pengeluaran untuk gaya hidup dan hiburan meski belum memiliki penghasilan stabil.

Data OJK per Maret 2025 bahkan mengungkapkan bahwa individu berusia 19–34 tahun mendominasi pinjaman fintech hingga 51,25%, menandakan kerentanan finansial yang semakin meningkat di kalangan muda. Kondisi ini menuntut hadirnya edukasi dan pilihan konsumsi yang lebih bijak agar generasi muda dapat tetap menikmati gaya hidup tanpa mengorbankan kesehatan finansial mereka.

Dalam momentum Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2025, MR.D.I.Y. Indonesia turut hadir dengan semangat mendukung generasi muda Indonesia untuk membangun kebiasaan finansial yang sehat.

Edwin Cheah, Direktur Utama MR.D.I.Y. Indonesia, mengungkapkan, “Kami menyadari bahwa generasi muda saat ini perlu mendapatkan akses terhadap edukasi dan literasi keuangan yang baik agar mampu menjaga finansialnya tetap sehat. MR.D.I.Y. Indonesia ingin mengajak anak muda untuk lebih cermat dalam memilih produk yang bukan hanya mengikuti tren, tetapi juga memiliki nilai guna dan manfaat nyata dalam kehidupan sehari-hari.”

Smart Spending di Era Tren
Di era media sosial, tren dan viralitas kerap menjadi pendorong utama keputusan belanja anak muda. Mulai dari outfit, skincare, hingga aksesori gadget, banyak yang membeli karena “takut ketinggalan tren” atau FOMO (fear of missing out) alih-alih karena kebutuhan sebenarnya.

“Membedakan kebutuhan dan keinginan akan membantu anak muda sadar prioritas, terutama saat mengambil keputusan finansial. Keputusan ini nantinya berdampak pada kehidupan jangka panjang,” jelas Ligwina Hananto, CEO and Lead Financial Trainer QM Financial.

Sejalan dengan pendapat Ligwina, MR.D.I.Y. ingin mengingatkan bahwa berbelanja bukan sekadar mengikuti tren, tetapi juga bagian penting dari pengelolaan finansial yang sehat. Dengan membiasakan diri memilih barang yang benar-benar dibutuhkan, anak muda bisa tetap tampil relevan tanpa harus terjebak impulsive buying atau keborosan.

“Dampak jangka panjang dari impulsive buying biasanya membuat seseorang kesulitan mempertahankan gaya hidup sesuai keinginan. Saat uang habis tanpa perhitungan, dana untuk masa depan pun terkikis. Anak muda bisa menghindarinya dengan menunda pembelian barang yang hanya keinginan sesaat dan fokus pada nilai guna jangka panjang,” tambah Ligwina.

Dalam menjaga finansial tetap terjaga dengan sehat, memutuskan berbelanja kebutuhan sehari-hari menjadi salah satu hal yang penting. MR.D.I.Y. Indonesia bisa menjadi solusi bagi generasi muda yang ingin memenuhi kebutuhan tanpa harus menguras kantong.

Melalui ribuan pilihan produk fungsional yang relevan dengan keseharian, mulai dari perlengkapan rumah tangga, kebutuhan belajar dan kerja, hingga barang gaya hidup, MR.D.I.Y. dapat membantu anak muda berbelanja secara lebih cerdas, hemat, dan bijak secara finansial.

Ligwina menambahkan, “Skill berbelanja cerdas adalah salah satu skill penting yang harus dimiliki sejak muda. Hal ini dapat membantu masyarakat memilih barang berkualitas yang hemat dalam jangka panjang dibanding membeli barang murah yang cepat rusak. Seperti contoh, bisa berbelanja di ritel yang memberikan beragam kategori produk dengan harga terjangkau seperti MR.D.I.Y.” jelasnya.

Oleh karena itu, MR.D.I.Y. Indonesia dan Ligwina juga memberikan beberapa tips praktis untuk mengelola dorongan belanja impulsif:

1. Buat Daftar Kebutuhan Sebelum Belanja
Tentukan barang apa yang benar-benar dibutuhkan, sehingga setiap keputusan belanja lebih terarah dan tidak boros.

2. Tunda Pembelian untuk Barang yang Hanya Diinginkan Sesaat
Jika merasa ingin membeli sesuatu karena tren, beri waktu beberapa hari untuk menilai apakah barang itu benar-benar penting.

3. Fokus pada Nilai Guna dan Manfaat Jangka Panjang
Pilih barang yang bisa digunakan berkali-kali atau mendukung produktivitas, daripada barang viral yang cepat usang.

4. Pahami Gaya Belanja dan Prinsip Value for Money
Setiap orang memiliki gaya berbeda: ada yang lebih fokus kuantitas (banyak barang murah) dan ada yang lebih mengutamakan kualitas (siap bayar lebih untuk produk awet). Yang terpenting, pastikan harga dan kualitas seimbang dan sesuai kebutuhan.

5. Gunakan Belanja Cerdas untuk Latihan Literasi KeuanganSetiap keputusan berbelanja bisa menjadi pelajaran finansial. Dengan memilih produk tepat guna, anak muda bisa mulai membentuk kebiasaan mengelola uang secara sehat sejak dini.

“Selaras dengan prinsip literasi finansial, setiap keputusan kecil dapat berdampak besar terhadap kesehatan keuangan di masa depan.

MR.D.I.Y. memahami bahwa penerapan prinsip value for money dan mengenali gaya belanja masing-masing merupakan langkah penting agar setiap pengeluaran mendukung tujuan finansial jangka panjang. Oleh karena itu, kami berharap generasi muda dapat menjadikan belanja sebagai bagian dari gaya hidup yang cerdas, hemat, dan berdampak positif terhadap kesehatan finansial.” tutup Edwin Cheah, Direktur Utama MR.D.I.Y. Indonesia. (ibs)

Tags: Gen Z Indonesiagenerasi mudaMR.D.I.Y.
Previous Post

Polres Tangsel Ringkus Sindikat Pengganjal ATM

Next Post

Soal Dugaan Korupsi Whoosh, MAKI: Sudah Dilaporkan Lewat Email ke KPK

Related Posts

swissbell
Ekonomi

Swiss-Belresort Dago Heritage Bandung Hadirkan ‘Halloween Haunted Feast Menu’ di Oktober 2025

Kamis, 30 Oktober 2025 - 21:51
asam
Ekonomi

PTBA Bukukan Laba Rp1,4 Triliun per September 2025

Kamis, 30 Oktober 2025 - 21:11
brms
Ekonomi

Pendapatan BRMS Naik 69 Persen dan Laba Bersih Melonjak 129 Persen di Sembilan Bulan Pertama 2025

Kamis, 30 Oktober 2025 - 21:01
fif
Ekonomi

Dampingi 770 UMKM, FIFGROUP Salurkan Pembiayaan Tanpa Bunga Rp2,9 Miliar

Kamis, 30 Oktober 2025 - 20:52
ep
Ekonomi

Pertamina EP Raih Hasil Uji Produksi Positif dari Sumur SAC-001

Kamis, 30 Oktober 2025 - 20:42
terra
Ekonomi

Terralogiq Hadirkan Wawasan Strategis tentang Location Intelligence di Astra Immersion Day 2025

Kamis, 30 Oktober 2025 - 20:02
Next Post
IMG-20251028-WA0040

Soal Dugaan Korupsi Whoosh, MAKI: Sudah Dilaporkan Lewat Email ke KPK

BERITA POPULER

  • expo

    Expo Kemandirian Pesantren Meriahkan MQK Internasional 2025 di Wajo

    1169 shares
    Share 468 Tweet 292
  • Menag Soroti Dampak Perang dan Kerusakan Iklim di Pembukaan MQK Internasional

    867 shares
    Share 347 Tweet 217
  • Raih Predikat Sangat Memuaskan, Pemkot Semarang Terbaik dalam Pengawasan Kearsipan Tingkat Nasional

    751 shares
    Share 300 Tweet 188
  • Ampas Teh

    703 shares
    Share 281 Tweet 176
  • PPK BPJN Banten Bantah Pekerjaan Ruas Jalan Nasional Bayah Cibareno Mangkrak, Ini Alasannya

    668 shares
    Share 267 Tweet 167
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.