• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
View All Result
indoposco.id
No Result
View All Result
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Ekonomi

Menciptakan Peluang Baru Melalui Social Commerce di Bulan Ramadan

Laurens Dami by Laurens Dami
Kamis, 7 Maret 2024 - 13:04
in Ekonomi
Keranjang-Ninja-co

Ilustrasi

1.2k
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Dalam semangat Ramadan yang penuh berkah, social commerce telah menjadi salah satu tonggak penting bagi para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam menjalankan bisnis yang berkelanjutan.

Hasil survei Suara UKM Negeri Vol. 4 yang dilakukan oleh Ninja Xpress, mengungkapkan keuntungan besar yang diperoleh UKM dengan berbisnis melalui social commerce seperti Instagram, Facebook, ataupun Whatsapp. Kemudahan tersebut meliputi dapat mengetahui preferensi konsumen di luar batas demografi dan proses transaksi, serta membangun kekuatan merek di tengah-tengah dinamika platform marketplace yang dapat berubah sewaktu-waktu.

Contohnya, Pempek Belida Pusat telah berhasil membangun hubungan yang erat dengan konsumen setianya dan memberikan penawaran khusus sesuai dengan momen-momen penting dalam bulan Ramadan melalui penjualan mereka di Instagram dan komunitas di whatsapp.

Bertepatan dengan bulan suci Ramadan, UKM dapat mengadopsi konten yang relevan untuk meningkatkan penjualan di social commerce dengan tema kedermawanan, kebaikan, dan solidaritas untuk menarik perhatian konsumen.

Dengan memanfaatkan momen Ramadan ini, UKM dapat menciptakan kampanye pemasaran yang unik dan menarik, membangun hubungan emosional yang kuat dengan pelanggan, dan memperluas pangsa pasar mereka melalui social commerce.

Selanjutnya, menurut Survei suara UKM Negeri vol 4, ada beberapa tantangan dari sisi marketing, yang akan dihadapi oleh UKM, dalam melakukan penjualan melalui social commerce, yaitu:

1. 50% mengatakan bahwa membuat konten yang efektif adalah hal yang menantang.
Dalam menjawab tantangan ini, UKM dapat memanfaatkan strategi “Reduce, Reuse, dan Recycle” untuk membantu menekankan efisiensi dalam pengelolaan konten.

Reduce fokus pada penghematan waktu dengan mengurangi pembuatan konten baru. Reuse memanfaatkan kembali konten yang sudah ada, sementara recycle mengoptimalkan konten pengguna untuk meningkatkan keterlibatan di berbagai aspek bisnis. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk mengelola kontennya secara efisien, mencapai tujuan pemasaran, dan memperkuat koneksi dengan audiens.

2. 48% mengatakan bahwa sulit bagi mereka untuk mengejar algoritma platform yang terus berubah.
Eksperimen yang terus-menerus di berbagai platform dengan berbagai konten dari strategi 3R lalu Konsultasikan dengan konsumen UKM yang memiliki nilai paling tinggi di kanal sosial yang mereka sukai. Identifikasi tiga platform teratas yang sering mereka kunjungi dan kembangkan di sana. Jadi, UKM bisa fokus di platform tersebut.

Selain itu, Dalam upaya untuk mengatasi tantangan pemasaran di social commerce, Ninja Xpress juga memberikan tips bagi UKM dalam menghadapi tantangan pemasaran dalam social commerce dengan:

1. Membangun Keterlibatan Komunitas.
Dengan memanfaatkan fitur interaktif dari platform social commerce untuk mendorong partisipasi komunitas melalui berbagi pengetahuan, jajak pendapat, kontes, hingga hadiah eksklusif. Membangun komunitas tidak hanya meningkatkan loyalitas suatu brand tetapi juga memberikan platform untuk membangun hubungan yang luas dengan pelanggan.

2. Membangun Brand.com atau Situs Web Penjualan Mandiri.
Dengan membangun brand.com atau situs web penjualan secara mandiri, pendekatan ini membuka peluang dalam mendukung peningkatan penjualan dan brand awareness, serta meningkatkan peringkat kata kunci Google dan optimasi mesin pencari.

Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer Ninja Xpress, menjelaskan “social commerce bukan hanya sekedar tren tetapi juga alat yang kuat bagi UKM. Untuk menjawab tantangan tersebut, Ninja Xpress memberi dukungan kepada UKM untuk mendukung pemanfaatan social commerce bagi para pelaku UKM dengan menyediakan layanan foto & video produk dan pembuatan website untuk mendukung promosi produk di social commerce dan mendorong UKM untuk membentuk brand.com nya secara mandiri.”

Langkah-langkah ini bukan hanya merupakan upaya untuk mengatasi tantangan, tetapi juga untuk membuka peluang baru bagi UKM. Dengan dukungan dari Ninja Xpress dan penerapan strategi pemasaran yang cerdik, UKM dapat meraih kesuksesan dalam mengoptimalkan potensi social commerce dan membangun bisnis yang tangguh di era digital, khususnya di bulan Ramadan ini. (srv)

Tags: Ninja XpressPelaku UKMramadhansocial-commerceUKM
Previous Post

Soroti KJMU, Pengamat Sebut Penyaluran KJMU Sudah Sesuai Aturan

Next Post

Buka BRI Microfinance Outlook 2024, Presiden Jokowi Apresiasi BRI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Inklusi Keuangan

Related Posts

purbaya
Ekonomi

Purbaya Ungkap Redenominasi Rupiah Masih Tunggu Waktu Tepat dari Bank Indonesia

Selasa, 11 November 2025 - 15:05
WhatsApp Image 2025-11-11 at 11.4
Ekonomi

Komisi VI DPR Desak Mendag Hadir Bahas Kebijakan Baja Nasional

Selasa, 11 November 2025 - 13:21
IMG-20251111-WA0005
Ekonomi

Yayasan Khazanah dan Halaltoday.id Gelael Indonesian Halal Brand and Conference

Selasa, 11 November 2025 - 13:03
swissbell
Ekonomi

Swiss-Belresidences Kalibata Jakarta Perkuat Komitmen terhadap Kesehatan Lewat Gathering

Senin, 10 November 2025 - 23:43
telkomsel
Ekonomi

Telkomsel Hadirkan Pengalaman Digital di Booth SIMPATI 5G Experience di M Bloc Space

Senin, 10 November 2025 - 22:12
beras
Ekonomi

Produksi Beras 2025 Pecahkan Rekor, Indonesia Mantap Tanpa Impor

Senin, 10 November 2025 - 21:11
Next Post
BRI-MIcrofinance

Buka BRI Microfinance Outlook 2024, Presiden Jokowi Apresiasi BRI Dorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Inklusi Keuangan

BERITA POPULER

  • jecoo

    Antusiasme Melonjak, JAECOO Serahkan Unit Perdana SUV Listrik J5 EV ke Konsumen di Seluruh Indonesia

    960 shares
    Share 384 Tweet 240
  • Gagalkan Aksi Curanmor di Cakung, Hansip Alami Luka Tembak di Perut

    706 shares
    Share 282 Tweet 177
  • Hasil Liga Champions: Liverpool-Bayern Menang Tipis, Arsenal-Tottenham Berpesta

    675 shares
    Share 270 Tweet 169
  • PGN Raih Penghargaan Subroto 2025, Dukung Ketahanan dan Swasembada Energi Nasional

    669 shares
    Share 268 Tweet 167
  • Hansip yang Gagalkan Curanmor di Cakung Meninggal Dunia Usai Tertembak

    662 shares
    Share 265 Tweet 166
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
View All Result
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.