• Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Koran
indoposco.id
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks
No Result
Lihat Semua
indoposco.id
No Result
Lihat Semua
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
  • Koran
Home Nasional

Belanja Iklan Medsos Anies yang Terkecil, Ini Kata Pakar Komunikasi

Redaksi Editor Redaksi
Kamis, 1 Februari 2024 - 16:43
in Nasional
Anies-Muhaimin-2-co

pasangan AMIN (Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar) (foto : ist)

Share on FacebookShare on Twitter

INDOPOSCO.ID – Akun media sosial X @papanyaarin membahas data iklan pilpres di media sosial yang menempatkan Calon Presiden nomor urut satu dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan yang jauh paling kecil secara anggaran atau budget dibandingkan dua pasangan lainnya.

“#IklanPilpres2024 Berkaitan dgn kerjaan yg gue lg jalani, iseng gue cari insight aktifitas media buying Capres kita ini di jaringan Meta. Siapa yang paling kenceng di media buying disitu? Terlampir datanya,” cuit status @papanyaarin.

BacaJuga:

Jaga Bersama” Gencarkan Edukasi Vaksin HPV Untuk Cegah Kanker Serviks

Wamen Ekraf Tinjau di Balik Layar Film Animasi Pelangi di Mars, Soroti Potensi Komersialisasi

Wamenkop Apresiasi Dukungan dan Sinergi Kejagung Dalam Program Jaga Desa

Prabowo Subianto tercatat membelanjakan iklan Rp1.188.617.169 (Rp1,1 miliar) dalam kurun waktu 21 Oktober 2023 hingga 18 Januari 2024. Sedangkan Ganjar Pranowo membelanjakan Rp533.174.952 (Rp533 juta) dan Anies Baswedan paling sedikit, dengan hanya membelanjakan iklan Rp10.325.422 (Rp10,3 juta) dalam rentang waktu yang sama.

Akademisi dari Ilmu Komunikasi dari Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Serpong Ambang Priyonggo menilai, jumlah eksposure pesan yang besar melalui media spending yang besar tidak jaminan bahwa itu serta merta bisa berpengaruh ke perilaku memilih calon voters.

“Ini masih perlu dibarengi strategi pengemasan key-message, timing, konteks, relatedness dari target audiens. Terlebih jika memang yang disasar adalah Gen Z dan Miliennial yang sangat fragmented dengan nalarnya yang kritis dan pola pikirnya dinamis,” ujar Ambang yang meraih doktoralnya di bidang media studies dari University of Malaya, Malaysia, Kamis (1/2/2024).

“Nah, jumlah spending yang kecil dari ABW atau Anies Baswedan ini menurut saya tak lepas dari strategi kampanyenya yang lebih bersifat bottom-up, kental nuansa volunteerism (sukarelawan) di antara pendukungnya. Pola penggunaan media sosial Anies ini memang lebih purposive targetnya. Bukan soal kuantitas pesan, namun lebih kepada kualitas pesan yang menghasilkan engagement serta interaktivitas kuat,” kata Ambang.

Lebih jauh, kata dosen mata kuliah Media dan Politik ini, Anies selama ini juga memiliki strategi kampanye off-line atau on-site yang cukup efektif guna menyasar Gen Z dan Milennial lewat model kampanye dialogis di berbagai tempat. (dil)

Tags: Anies BaswedanBelanja Iklan MedsoscapresNuansa Kerelawanan
Berita Sebelumnya

Bijak Pahami Isu Hoax Jelang Pemilu 

Berita Berikutnya

BRIN Manfaatkan Teknologi Remote Sensing untuk Memitigasi Gempa

Berita Terkait.

1000005049.jpg
Nasional

Jaga Bersama” Gencarkan Edukasi Vaksin HPV Untuk Cegah Kanker Serviks

Minggu, 7 Desember 2025 - 00:38
WhatsApp Image 2025-12-06 at 19.56.55
Nasional

Wamen Ekraf Tinjau di Balik Layar Film Animasi Pelangi di Mars, Soroti Potensi Komersialisasi

Sabtu, 6 Desember 2025 - 23:13
WhatsApp Image 2025-12-06 at 21.39.28
Nasional

Wamenkop Apresiasi Dukungan dan Sinergi Kejagung Dalam Program Jaga Desa

Sabtu, 6 Desember 2025 - 22:39
WhatsApp Image 2025-12-06 at 19.26.588
Nasional

Kemenpar–BPSDM Sulteng Perkuat Kompetensi ASN Lewat Pelatihan Adyatama Kepariwisataan

Sabtu, 6 Desember 2025 - 22:09
WhatsApp-Image-2025-12-05-at-15.14.42
Nasional

Kementerian ATR Terus Lakukan Sertifikasi Pulau-Pulau Kecil

Sabtu, 6 Desember 2025 - 21:28
WhatsApp Image 2025-12-06 at 20.33.23
Nasional

Puncak HGN 2025, Menag: Doa Guru Itu Seperti Doa Orang Tua

Sabtu, 6 Desember 2025 - 20:45
Berita Berikutnya
seismometer

BRIN Manfaatkan Teknologi Remote Sensing untuk Memitigasi Gempa

BERITA POPULER

  • BPBD Jakarta

    Antisipasi Cuaca Ekstrem, Jakarta Siagakan Personel dan Peralatan

    755 shares
    Share 302 Tweet 189
  • Epy Kusnandar Meninggal, Cecep hingga Ujang Preman Pensiun Beri Doa dan Penghormatan

    719 shares
    Share 288 Tweet 180
  • Bogasari Pabrik Tangerang Tambah Kapasitas Produksi

    687 shares
    Share 275 Tweet 172
  • Wamenbud: Budaya Itu Hal Mendasar, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif adalah Turunannya

    664 shares
    Share 266 Tweet 166
  • Viral Bantuan Bencana Sumbar Dipersulit Syarat KTP, BNPB Bilang Begini

    662 shares
    Share 265 Tweet 166
  • Redaksi
  • Iklan
  • Pedoman Media Siber
  • Standar Perlindungan Wartawan
  • Sertifikat Dewan Pers

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.

No Result
Lihat Semua
  • Home
  • Nasional
  • Megapolitan
  • Nusantara
  • Internasional
  • Ekonomi
  • Olahraga
  • Gaya Hidup
  • Multimedia
    • Fotografi
    • Video
  • Disway
  • Koran
  • Indeks

© - & DESIGN BY INDOPOSCO.ID.