Ditanya Pilkada Jakarta, Airlangga: Masih Tunggu sampai Juli dan Hasil Survei
INDOPOSCO.ID – Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan sampai saat ini partainya masih melihat perkembangan survei terkait nama-nama yang akan diusung maju dalam Pilkada Jakarta, termasuk mencuat nama Ridwan Kamil.
Dia mengatakan, pengurus Golkar sudah sepakat untuk menunggu hingga Juli 2024. Kemudian, Golkar akan melakukan evaluasi dan menentukan calon yang maju.
“Kan masih sampai Juli. Tentu akan dievaluasi siapa yang akan maju. Kita lihat surveinya,” kata Airlangga usai melakukan salat Iduladha di Masjid Ainul Hikmah Golkar, Jakarta, Senin (17/6/2024).
Terkait dengan ucapan dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan bahwa usulan nama mantan Gubernur Jawa Barat itu sudah disampaikan dalam pertemuan antara Presiden Joko Widodo dan ketua-ketua umum partai politik Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo-Gibran pada Mei 2024.
Airlangga Hartanto pun tak menampik adanya pertemuan itu. Ia mengatakan, Ridwan Kamil sebagai Wakil Ketua Umum Partai Golkar, mendengar usulan itu. Usulan itu tentu dipertimbangkan Ridwan.
“Ridwan tentu akan mendengar, mempertimbangan dukungan itu,” katanya.
Airlangga mengatakan, dalam pertemuan itu sudah ada kesepakatan antara ketua umum parpol. Kesepakatan itu yakni mengenai jadwal pengumuman calon.
“Kami sepakat jadwal,” sambung Airlangga.
Meski begitu, Airlangga berkelakar bahwa Ridwan Kamil sudah memasang baliho “on the way to Jakarta” atau dalam suatu perjalanan menuju Jakarta.
Sementara itu, dia menilai sosok Anies Baswedan hanya bergerak di tempat saja. Hal itu diucapkannya dalam menjawab pertanyaan wartawan terkait pergerakan Anies Baswedan sebagai kandidat Calon Gubernur Jakarta.
“Pak RK kan sudah pasang (baliho) ‘on the way (OTW) to Jakarta’. Kalau Pak Anies kan bergerak-gerak saja,” kata Airlangga sembari tertawa.
Sebelumnya, Ridwan Kamil menjelaskan bahwa baliho “on the way to Jakarta” adalah strategi marketing di mana dirinya menjadi brand ambassador dari sebuah produk skincare.
“Tentang bilboard yang kemarin ramai itu, bukanlah bilboard komunikasi politik. Tapi itu adalah billboard marketing iklan di mana saya menjadi brand ambassador sebuah inovasi skincare khusus untuk para lelaki yang bernama @**,” ucap RK dalam unggahan di akun media sosialnya, Kamis (29/2/2024).
RK menjelaskan maksud dari kalimat OTW Jakarta yang ada pada baliho itu dikarenakan launching produk skincare rencananya bakal dilakukan di Jakarta pada 18 Maret.
“Kenapa ‘OTW Jakarta nih’ karena launching-nya di Jakarta, di Senayan City tanggal 18 Maret. Jika launching-nya di Surabaya tentunya ada billboard ‘OTW Surabaya nih’,” ucapnya. (dil)