Olahraga

Olahraga Tradisional Didorong Jadi Bagian Kekuatan Wisata Indonesia

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mendorong masyarakat melestarikan beragam olahraga tradisonal. Upaya ini bukan hanya untuk menyehatkan, tentu bertujuan agar membangun rasa bangga dengan olahraga budaya bangsa.

Deputi III Bidang Pembudayaam Olahraga Kemenpora, Raden Isnanta, melihat banyak potensi bisa diambil olahraga tradisional. Termasuk bisa membuat perpaduan antara olahraga tradisional dan membangun kekuatan wisata di berbagai desa.

“Tentu kita ingin sama-sama mengkemas olahraga tradisional itu sinergi dengan kekuatan wisata. Sehingga benar-benar masyarakat datang berolahraga dan menikmati wisata. Kalau olahraga tradisional ini kita lestarikan pasti akan tumbuh rasa bangga dengan olahraga budaya bangsa,” kata dia dalam acara puncak Semarak KBA digelar Astra secara virtual pada Kamis (30/8/2021).

Beragam olahraga tradisional asli Indonesia memang sudah ada yang berskala nasional. Seperti dari Sepak Takraw, Silat hingga Tarung Drajat.

Menurut Raden, kini saatnya membuat olahraga tradisional dari nenek moyang menjadi salah satu cabang di kelas olimpiade. Sehingga peran penting kaum muda diperlukan agar olahraga tradisional tidak punah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button