Olahraga

Francesco Bagnaia Target Juara di GP San Marino

INDOPOSCO.ID – Francesco Bagnaia mengklaim pole position Grand Prix San Marino pada Sabtu (18/9/2021). Meski demikian, hanya ada satu pebalap Ducati yang pernah memenangkan balapan Sirkuit Misano itu dari posisi start terdepan.

Laman resmi MotoGP mencatat sejauh ini hanya Casey Stoner yang bisa membawa Ducati menang di Misano sedari start dari pole ketika pebalap Australia itu mengalahkan duet tim Suzuki, Chris Vermuelen dan John Hopkins pada 2007.

Berikut statistik dan fakta menjelang GP San Marino, balapan ke-14 dalam kalender MotoGP:

* Bagnaia mengamankan pole position ketiganya musim ini setelah memecahkan rekor Sirkuit Misano sehingga menambah kesuksesannya dalam dua kualifikasi sebelumnya di Qatar dan Aragon.

* Itu merupakan pole position keempat Ducati di Misano pada kelas MotoGP setelah Stoner tampil tercepat dalam kualifikasi 2007 dan 2008 dan Jorge Lorenzo pada 2018.

* Tercatat sejak 2007 hanya empat pebalap yang mampu memenangkan balap MotoGP di Misano setelah merebut pole. Mereka adalah Stoner (2007), Valentino Rossi (2009), Dani Pedrosa (2010), dan Maverick Vinales (2020).

* Ducati untuk kedua kalinya secara beruntun mengamankan posisi start 1-2 sejak 2018 ketika tim Italia tersebut tak terkalahkan dalam tiga kualifikasi beruntun dari Silverstone hingga Aragon.

* Di kubu tim rival, pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo bakal start dari P3, dan untuk ke-35 kalinya dari 47 balapan di MotoGP dia mengamankan posisi start baris terdepan. Sang pebalap Prancis mengonversi 34 posisi baris terdepan sebelumnya yang dia jalani menjadi 17 podium termasuk tujuh kemenangan pada kelas premier.

* Misano juga akan menyaksikan untuk kelima kalinya secara beruntun tak ada pebalap Honda yang start dari baris terdepan ketika Pol Espargaro (Repsol Honda) menjadi pebalap teratas pada kualifikasi setelah mengamankan P6.

* Sedangkan Marc Marquez harus menjalani Q1 untuk keenam kalinya sejak kembali membalap di Portugal selepas cedera. Pebalap Spanyol itu akan start dari P7 yang merupakan hasil kualifikasi terburuknya di Misano.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button