Olahraga

Piala Presiden Esports 2021 Siap Digelar, KSP: Indonesia Harus Siap Jadi Leader

INDOPOSCO.ID – Pemerintah berkomitmen untuk terus mendukung dan memajukan ekosistem dan industri esports nasional. Salah satu wujud nyata dari dukungan ini ditunjukkan dengan menggelar Piala Presiden Esports (PPE) 2021 yang diagendakan dalam waktu dekat ini.

Kepastian penyelenggaraan PPE 2021 ini disampaikan langsung oleh Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko dalam jumpa pers yang digelar secara daring, Selasa (14/9/2021).

Menurut Moeldoko, penyelenggaraan PPE 2021 ini diarahkan untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki bangsa Indonesia menjadi pemimpin esports di kawasan regional Asia bahkan dunia.

“Indonesia harus siap untuk menjadi leader dalam dunia esports, baik di kawasan regional maupun internasional. Kita memiliki potensi yang luar biasa besar dari sisi sumber daya generasi muda, ekosistem keolahragaan dan juga industri esports. Ini yang akan terus kita dorong dan wujudkan melalui turnamen yang akan dimulai pada Oktober nanti. Kita bangga dan yakin bahwa esports Indonesia akan mampu menjadi yang terbaik,” ujar dia.

Salah satu upaya dan bukti keseriusan ini antara lain dilakukan dengan menambah jumlah dan peran kementerian serta lembaga yang terlibat dalam Piala Presiden Esports 2021, yang terdiri dari; Kantor Staf Presiden (KSP), Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI).

Kesiapan penyelenggaraan turnamen juga ditegaskan Ketua Panitia Pelaksana PPE 2021, Rangga Danu Prasetyo. Ia menjelaskan, edisi ketiga kompetisi olahraga elektronik terbesar di Tanah Air ini akan dibuka dengan seremoni kick off pada 3 Oktober mendatang. Turnamen diselenggarakan secara hybrid, mengkombinasikan sistem daring dan luring, serta penerapan protokol kesehatan yang ketat dan menyeluruh. Adapun cabang game yang akan dipertandingkan, yakni eFootball PES, Free Fire, Lokapala (game lokal), Mobile Legends, PUBG Mobile dan MPL Gaming.

“Penyelenggaraan PPE 2021 merupakan kerja kolaboratif lintas sektoral dan stakeholders di esports yang begitu besar. Sebagai pelaksana sejak ajang perdana, kami optimistis PPE 2021 akan memberikan sumbangsih bagi kemajuan bangsa dan generasi muda kita di kancah esports,” kata dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button