Olahraga

FP2 GP Belanda, Duo Ferrari Mendominasi, Hamilton Bendera Merah

INDOPOSCO.ID – Charles Leclerc dan Carlos Sainz membawa Ferrari sebagai yang tercepat di sesi latihan bebas Grand Prix Belanda di Sirkuit Zandvoort ketika pemuncak klasemen sementara Lewis Hamilton mengalami masalah oli di mobil Mercedesnya.

Leclerc mencetak waktu 1:10,902 demi mengungguli rekan satu timnya dengan selisih 0,154 detik, sementara juara Grand Prix Hungaria Esteban Ocon membawa Alpine ke peringkat tiga dengan margin 0,172 detik, demikian laman resmi Formula 1.

Mobil SF21 Ferrari tampil gesit dan disebut cocok dengan sirkuit yang sempit dan tidak terlalu menuntut tenaga yang besar seperti Zandvoort.

Sesi 60 menit kedua itu diwarnai dua bendera merah, yang pertama terjadi di lima menit pertama ketika Hamilton mengakhiri latihan lebih dini setelah mengeluhkan kehilangan tenaga power unit mobilnya, kemungkinan karena masalah oli.

Hamilton praktis tak banyak memiliki pengalaman melaju di trek Zandvoort setelah sesi FP1 ditangguhkan selama hampir 30 menit karena mobil Aston Martin Sebastian Vettel mengalami kerusakan di pinggir trek.

Juara dunia tujuh kali itu memiliki kesempatan terakhir di FP3 pada Sabtu untuk berkenalan dengan trek baru di kalender F1 itu sebelum kualifikasi dan balapan pada Minggu.

Bendera merah kedua di FP2 dikibarkan setelah pebalap tim Haas Nikita Mazepin terjebak di gravel Tikungan 11.

Kedua insiden itu mengganggu ritme Max Verstappen, yang kemudian hanya mampu finis peringkat lima dengan selisih lebih dari 0,3 detik dari catatan Leclerc.

Valtteri Bottas, yang kemungkinan bakal didepak dari Mercedes di akhir musim ini, finis P4 dan Fernando Alonso membawa mobil Alpine kedua ke peringkat enam besar menggunguli Pierre Gasly dari tim AlphaTauri, yang sedikit lebih cepat dari pebalap McLaren Lando Norris.

Antonio Giovinazzi dan Sebastian Vettel melengkapi sepuluh besar untuk tim Alfa Romeo dan Aston Martin seperti dilansir Antara.

Formula 1 kembali digelar di Belanda setelah lebih dari 30 tahun absen di Negeri Kincir Angin itu ketika tahun ini Sirkuit Zandvoort memberi tantangan baru kepada para pebalap.

Zandvoort memiliki trek yang mengalir dan sempit sehingga tidak memberikan cukup banyak ruang menyalip.

Max Verstappen akan mendapat dukungan penuh Orange Army di balapan kandangnya itu untuk mencoba merebut pimpinan klasemen pebalap dari Lewis Hamilton yang kini masih unggul tiga poin.

Verstappen pekan lalu dinyatakan juara GP Belgia setelah balapan di Spa itu dihentikan karena cuaca buruk dengan separuh poin diberikan kepada para pebalap sepuluh besar.

Pada Rabu Kimi Raikkonen mengumumkan rencananya untuk pensiun dari F1 pada akhir musim. (aro)

Hasil FP2 GP Belanda

1 Charles Leclerc Scuderia Ferrari Mission Winnow 1:10,902

2 Carlos Sainz Scuderia Ferrari Mission Winnow 1:11,056

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button