Olahraga

Klub-klub Eropa Diperkirakan Merugi Rp153 Triliun Akibat Pandemi

INDOPOSCO.ID – Klub sepak bola Eropa diperkirakan akan kehilangan pendapatan 8,7 miliar euro atau sekitar Rp153 triliun karena harus berjuang mengatasi dampak keuangan yang hancur akibat pandemi virus corona.

Studi tahunan mengenai lanskap sepak bola klub Eropa mengungkap proyeksi pendapatan yang hilang saat ini pada tahun keuangan 2019/2020 dan 2020/2021 adalah 7,2 miliar euro (sekitar Rp126 triliun) untuk klub papan atas dan 1,5 miliar (sekitar Rp26 triliun) untuk klub tingkat lebih bawah.

“Dalam laporan tahun lalu, saya mengatakan bahwa sepak bola Eropa kuat, bersatu, tangguh, dan siap untuk tantangan baru. Tapi tidak ada yang bisa meramalkan bahwa kami harus menghadapi tantangan terbesar untuk sepak bola, olahraga dan masyarakat di zaman modern ini,” kata Presiden UEFA, Aleksander Ceferin seperti diberitakan Antara, Jumat (21/5/2021).

Liga nasional dan kompetisi klub UEFA, Liga Champions dan Liga Europa, sebagian besar dimainkan secara tertutup sejak pandemi melanda Eropa pada awal 2020.

“Setiap level dan setiap sudut sepak bola profesional mengalami pukulan keras,” kata laporan dari badan pengatur sepak bola Eropa itu. Klub-klub yang sangat tergantung pada kehadiran suporter telah terkena dampak pandemi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button