Nusantara

Banjir Bandang Rusak Puluhan Hektare Lahan Persawahan di Lombok

INDOPOSCO.ID – Puluhan hektare lahan persawahan milik warga di Dusun Pusuk Bantenan dan Pengempus Sari Desa Manggala, Kecamatan Penenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat terendam banjir bandang yang terjadi, Minggu malam (16/10).

“Dampak banjir bandang itu mengakibatkan puluhan hektare lahan persawahan terendam banjir,” kata Plt Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Lombok Utara, I Nyoman Juliada dalam keterangan tertulisnya di Mataram, Senin (17/10).

Selain itu, dampak banjir bandang dan tanah longsor yang melanda wilayah setempat juga mengakibatkan tertutupnya badan jalan oleh materi longsor. Sehingga Jalur di wilayah Sentangi, Malimbu, Nipah dan jalan utama tertutup total oleh material longsor dan pohon tumbang.

Baca Juga : BPBD Lumajang: Belasan Rumah dan Satu Pura Rusak Akibat Longsor

“Aparat gabungan sudah turun langsung membersihkan material longsor yang menutupi jalan,” katanya seperti dikutip Antara, Senin (17/10/2022).

Ia mengatakan, berdasarkan data sementara jumlah warga yang terdampak banjir bandang tersebut di Dusun Malimbu 153 KK atau 478 jiwa, Dusun Sentangi 93 KK atau 281 jiwa, Dusun Nipah 105 KK atau 321 Jiwa. Sedangkan rumah warga yang terendam banjir luapan dua rumah di Dusun Telaga Wareng Desa Pemenang Barat, kecamatan Pemenang, satu rumah di Dusun Malimbu dan enam rumah di Dusun Sentagi Desa Malaka.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian bencana alam tersebut,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button