Nusantara

Dishub Kabupaten Serang Tingkatkan Pelayanan Uji Kir dan Pemasangan PJU

INDOPOSCO.ID – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Serang terus melaksanakan program kerjanya. Di antaranya melakukan pelayanan uji kir untuk menyumbang pendapatan asli daerah (PAD).

Kepala Dishub Kabupaten Serang Benny Yuarsa mengatakan, untuk pelayanan uji kir pihaknya melayani kendaraan dari wilayah Kabupaten Serang dan Kota Serang. Karena di wilayah Kota Serang belum ada pelayanan uji kir.

Ia mengatakan, uji kir sangatlah penting dan bermanfaat bagi pengendara atau pemilik kendaraan terutama angkutan umum dan barang. Dengan uji kir pemilik kendaraan bisa tahu kondisi fisik kendaraan sehingga meminimalisasi terjadinya kecelakaan.

Melalui uji kir ini, pihaknya menyumbang PAD melalui retribusi. Sehingga, hasil dari retribusi itu dapat masuk kas daerah untuk pembangunan Kabupaten Serang. Tahun ini, pihaknya memiliki target Rp1,35 miliar. Hingga Juli target tersebut sudah tercapai Rp701.891.270 atau 56 persen. Target ini selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

Baca Juga : Dishub Bandung: 2.041 Kendaraan Diputar Balik di Lima Gerbang Tol

“Alhamdulillah capaian restribusi uji kir sudah baik,” kata Benny, Senin (19/9/2022).

Untuk pelayanannya, sudah menggunakan sistem berbasis online yakni melalui aplikasi SIM PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor).

“Proses pengujiannya berada di kantor kami,” ujarnya.

Ia mengatakan, kewajiban uji kir tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ) pasal 53 ayat 1.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button