Nusantara

Sebanyak 62 Warga OKU Terinfeksi Gigitan Hewan Rabies

INDOPOSCO.ID – Sejak awal tahun tercatat sebanyak 62 orang warga Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan terinfeksi rabies akibat gigitan anjing gila dan sebagian korban menjalani perawatan intensif di rumah sakit.

“Hingga Agustus 2022 tercatat 62 warga OKU yang digigit hewan rabies,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes OKU, Andi Prapto di Baturaja, Rabu (14/9).

Dia menjelaskan, penanganan pertama pada pasien yang terinfeksi rabies yaitu membersihkan luka gigitan dengan air mengalir dan sabun kemudian diberikan vaksin VAR.

“Alhamdulillah dari banyaknya kasus tersebut tidak ada pasien yang meninggal dunia,” ujarnya seperti dilansir Antara, Rabu (14/9/2022).

Baca Juga: Ada 2.244.363 Ekor Hewan Ternak Sudah Divaksinasi PMK

Selain itu, lanjut dia, untuk menangani pasien yang terkena gigitan anjing gila saat ini pihaknya sudah mengoperasionalkan Puskesmas Rabies Center di tiga kecamatan meliputi Puskesmas Tanjung Agung, Peninjauan dan Pengandonan.

Rabies center ini berfungsi untuk mengendalikan sekaligus menangani pasien yang terkena gigitan binatang rabies seperti anjing dan kera agar mendapat pengobatan medis sehingga dapat sembuh dari infeksi virus tersebut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button