Nusantara

Turunkan Emisi PLTU, PLN Gunakan Limbah Kayu Jadi Bahan Bakar

INDOPOSCO.ID – PT PLN (Persero) menggunakan limbah kayu sebagai bahan bakar untuk menurunkan emisi di Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Asam Asam yang berlokasi di Desa Asri Mulia, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan.

“Melalui program co-firing, PLN melakukan pencampuran limbah kayu atau yang lebih dikenal dengan istilah sawdust dengan batu bara,” kata Manager PLN Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Asam Asam Dani Esa Windiarto seperti dikutip Antara, Selasa (2/8/2022).

Dijelaskan, sejak Oktober 2021 lalu, PLN telah menerapkan teknologi substitusi batu bara dengan biomassa sebagai bahan bakar PLTU Asam Asam.

Baca Juga : Ada Fakta-Fakta, Dugaan Korupsi Tower PLN Naik ke Penyidikan

Dani menjelaskan sejak diterapkannya cofiring sebesar lima persen di PLTU Asam Asam, parameter operasional peralatan pembangkit terpantau aman dan beberapa parameter emisi yang dihasilkan mengalami penurunan.

Pada Juni 2022, Dani mencatat program “co-firing” yang dilaksanakan telah menghasilkan 855 Megawatt hour (MWh) energi hijau dan lebih dari 5000 Metrik Ton (MT) emisi karbon dioksida equivalent (CO2-eq) telah berhasil ditekan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button