Nusantara

Pemkab Lebak Optimistis Binuangeun Jadi Sentra Ikan Terbesar di Banten

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, optimistis Pangkalan Pendaratan Ikan ( PPI) Binuangeun bisa menjadi sentra ikan tangkap terbesar di Provinsi Banten, yang nantinya mampu mendongkrak kesejahteraan masyarakat pesisir.

“Kami meyakini sentra ikan tangkap terbesar di Banten, karena melimpahnya populasi ikan di Perairan Samudera Hindia,” kata Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas Nelayan Kecil Dinas Perikanan Kabupaten Lebak Rizal Ardiansyah di Kabupaten Lebak, Selasa.

Ia mengatakan, PPI Binuangeun Kabupaten Lebak, saat ini sudah bisa memenuhi permintaan sejumlah pasar di Provinsi Banten, terlebih dengan membaiknya infrastruktur jalan, sehingga arus lalu lintas ke luar daerah berjalan baik dan lancar.

Selain itu, tambah dia, kebutuhan permintaan ikan tangkap di Pasar Rangkasbitung, Pandeglang, Serang dan Tangerang cukup besar.

“Kami berharap tangkapan nelayan melimpah dan bisa memenuhi permintaan pasar lokal untuk mendukung gemar mengkonsumsi makan ikan,” katanya.
Selama ini, menurut dia, populasi ikan-ikan di perairan Samudra Hindia memiliki mutu dan kualitas serta bernilai jual tinggi juga produksinya cukup melimpah.

Kebanyakan populasi ikan di Perairan Samudra itu merupakan jenis ikan besar, seperti tuna, marlin dan layaran juga tangkapan cakalang tongkol, lobster, dan sidat. Bahkan, saat ini tangkapan ikan tuna sedang melimpah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button