Nusantara

Jelang Yadnya Kasada, Suku Tengger Gelar Ritual

INDOPOSCO.ID – Menjelang perayaan Yadnya Kasada pada 1944 Saka, warga Suku Tengger melakukan ritual Mendak Tirta (pengambilan air suci) di Air Terjun Madakaripura di Desa Negororejo, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin (13/6/2022),.

Kegiatan tersebut dihadiri Plt Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko bersama Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi, serta sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo.

“Air suci yang diambil dari empat sumber mata air berbeda itu nantinya dikirab dan dibawa ke Pura Luhur Poten di kaki Gunung Bromo untuk digunakan sebagai kelengkapan upacara Yadnya Kasada,” kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kabupaten Probolinggo Bambang Suprapto di kabupaten setempat.

Air terjun Madakaripura yang dipercaya oleh masyarakat Tengger selaku umat Hindu sebagai salah satu tempat ritual Mendak Tirta yang dianggap keramat dan tempat tersebut merupakan tempat pertapaan Patih Gajah Mada, seorang leluhur masyarakat Tengger dan dikenal sebagai penguasa nusantara di zaman Kerajaan Majapahit.

Baca Juga: Wajah Warga Suku Badui Itu Semringah Saat Mensos Datang

Rombongan warga Suku Tengger di Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo berbondong-bondong langsung menuju titik untuk pengambilan air suci di mata air terjun Madakaripura setelah turun dari kendaraan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button