Nusantara

Bengkayang Memiliki 156 Destinasi Unik yang Layak Dikunjungi Wisatawan

INDOPOSCO.ID – Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat I Made Putra Negara menyebutkan saat ini Bengkayang memiliki 156 destinasi wisata unik dengan beragam karakteristik mulai daerah perbatasan, pesisir dan pulau, yang patut dikunjungi wisatawan.

“Ada 156 destinasi wisata unik yang dimiliki Kabupaten Bengkayang. Dari jumlah tersebut ada yang sudah dikelola dan sebagian belum dikelola baik itu oleh pemerintah, pihak swasta maupun penggiat wisata. Destinasi wisata dibagi menjadi tiga zona yakni zona perbatasan, zona kota, zona pantai dan pulau yang masing-masing zona tersebut memiliki karakteristik daya tarik yang unik,” ujarnya saat dihubungi di Bengkayang, Sabtu.

Ia menjelaskan untuk zona perbatasan yakni di Jagoi Babang yang sebentar lagi akan memiliki PLBN. Kawasan yang berhadapan darat dengan Sarawak, Malaysia tersebut memiliki keunggulan dalam wisata alam dan budaya. Wisatawan lokal maupun mancanegara disuguhkan kampung budaya, kampung adat , kemudian ada goa kelelawar dan ada kampung kreatif di perbatasan.

Sedangkan untuk zona kota, di Kota Bengkayang dan sekitarnya, ada Sepadang Hill atau dikenal juga Bukit Sepancong yang sudah masuk dalam 100 besar Anugerah Pesona Indonesia (API) dan masuk Juara II Nasional. “Selain itu ada Bukit Jamur yang masih belum dikelola secara maksimal, sebentar lagi akan kita bangunkan menjadi destinasi yang menarik di Kota Bengkayang ini,” katanya.

Baca Juga: Jumlah Wisatawan Kunjungi Wilayah Konservasi Bekantan Naik

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button