Nusantara

Pemkab Lebak Gelar Perayaan “Seba Badui” 6 Mei 2022

INDOPOSCO.ID – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lebak, Banten, menggelar upacara perayaan “Seba Badui” pada 6 Mei 2022 sebagai bentuk rasa syukur masyarakat adat Badui terkait dengan hasil pertanian padi huma, palawija, dan hortikultura.

“Kami berharap perayaan Seba Badui dapat menarik wisatawan domestik hingga mancanegara,” kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lebak Imam Rismahayadin di Lebak, seperti dikutip Antara, Jumat (29/4/2022).

Perayaan “Seba Badui” di Gedung Pendopo Kabupaten Lebak akan dihadiri ratusan masyarakat Badui Dalam dengan kekhasan berpakaian putih, celana putih, dan lomar atau kain penutup kepala yang juga berwarna putih.

Masyarakat Badui Dalam yang tersebar di Kampung Cibeo, Cikawartana, dan Cikeusik hingga saat ini masih kuat menghidupi adat setempat.

Mereka berpergian ke manapun berjalan kaki dan dilarang naik kendaraan.

Masyarakat Badui Luar dengan kekhasan pakaian hitam, celana hitam, dan lomar berwarna biru menerima modernisasi menggunakan kemajuan digital dan internet melalui telepon pintar sehingga bisa berkomunikasi melalui media sosial.

Selain itu, warga Badui Luar ke manapun berpergian dibolehkan menggunakan angkutan, mobil, dan sepeda motor.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button