Nusantara

KNPB Dituding Provokator Kerusuhan di Dekai, Yahukimo

INDOPOSCO.ID – Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri mengakui dari hasil penyelidikan yang dilakukan anggotanya terungkap adanya indikasi keterlibatan Komite Nasional Papua Barat (KNPB) dalam kerusuhan yang terjadi di Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo. KNPB merupakan salah satu organisasi yang berjuang untuk melepaskan Papua dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Memang ada indikasi keterlibatan KNPB dalam kerusuhan yang diawali dengan demo menolak pemekaran yang terjadi Selasa (15/3/2022), termasuk dari sejumlah unggahan video saat aksi dilakukan.

Selain itu adanya afiliasi dengan Aliansi Mahasiswa Papua Jawa, Bali dan Sumatera (AMP Jabasu) yang juga merupakan perpanjangan tangan dari KNPB, kata Irjen Pol Fakhiri kepada, di Jayapura, Jumat (18/3/2022) dikutip Antara.

Dia menyatakan pula, walaupun sudah ada indikasi tersebut namun anggota masih terus mendalami guna mengungkap sejauh mana keterlibatan KNPB.

Baca Juga: Tiga Helikopter Evakuasi Karyawan PTT di Beoga, Papua

Demo penolakan daerah otonomi baru (DOB) yang dilaksanakan di halaman Kantor Kominfo Yahukimo di Dekai awalnya berlangsung damai, namun tiba- tiba para pendemo melakukan aksi pembakaran dan perusakan terhadap ruko-ruko yang ada di sekitarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button