Headline

Lima di Antara 5 Juta Orang Alami Alergi Berat Vaksinasi

INDOPOSCO.ID – Reaksi Kejadian Ikutan Pasca- Imunisasi (KIPI) alergi berat karena vaksinasi Covid-19 sangat sedikit, hanya dialami lima di antara 5 juta peserta di dunia. “Dari data terbaru, lima di antara 5 juta orang yang divaksinasi mengalami KIPI alergi berat yang disebut anafilaksis,” kata Ketua Pengurus Pusat Perhimpunan Alergi Imunologi Indonesia Prof Iris Rengganis dalam talk show virtual yang diikuti dari YouTube BNPB di Jakarta, Jumat (18/3/2022),.

Ia mengatakan, jumlah itu sangat rendah jika dibandingkan dengan gejala buruk yang ditimbulkan oleh infeksi Covid-19 yang bisa mencapai 20 persen penderita dengan angka kematian sekitar 0,5 hingga 3 persen.

KIPI merupakan situasi yang tidak bisa dihindari dari reaksi vaksin di tubuh manusia. Gejala timbul dari sensitivitas pribadi, atau alergi. “Tapi jarang reaksi berat, biasanya reaksi lokal (di sekitar lokasi suntikan). Tapi yang menyeluruh bisa demam dan nyeri sendi,” katanya.

Baca Juga: Epidemiolog: Pemerintah Harus Selesaikan Target Vaksinasi 100 Persen

Iris mengatakan, gejala KIPI yang ditimbulkan dari alergi dapat dicegah oleh peserta vaksinasi melalui upaya rutin mengecek komorbid untuk memastikan kondisinya telah terkontrol dengan baik.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button