Nusantara

Pemkab Temanggung Serius Garap Kopi Kualitas Ekspor

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kabupaten Temanggung bekerja sama dengan Free Trade Agreement (FTA) Center Semarang dan BNI akan menggarap potensi kopi daerah agar berkualitas ekspor dengan memberikan pelatihan kepada pelaku UMKM.

Bupati Temanggung M. Al Khadziq di Temanggung, Kamis, mengatakan kualitas kopi Temanggung sudah terkenal sehingga harus digarap serius agar bisa diekspor ke luar negeri dengan dengan tetap menggunakan nama kopi Temanggung bukan daerah lain.

“Kopi Temanggung sudah terkenal baik kualitasnya, disukai orang, laku keras dicari orang sampai- sampai kesulitan memenuhi jumlah produksinya,” katanya, seperti dilansir Antara, Kamis (10/3/2022).

Baca Juga : Antusiasme Pecinta Sepak Bola Dorong Kebangkitan UMKM Bali

Menurut dia, selama ini penjualan kopi Temanggung sudah cukup bagus, sebagian bahkan sudah ada yang diekspor, baik perseorangan langsung kepada pembeli maupun diekspor pihak ketiga di Jawa Timur, sehingga merknya menjadi kopi Jawa Timur bukan kopi Temanggung.

“Ke depan kopi Temanggung diekspor dengan nama kopi Temanggung bukan daerah lainnya. Kopi Temanggung terkenal di Eropa sejak abad 18, Java coffee itu ya Temanggung,” katanya.

Oleh karena itu, katanya saat ini FTA Center Semarang memfasilitasi para pelaku kopi di Temanggung untuk belajar ekspor kopi, sehingga dengan adanya ekspor harga akan semakin bagus dan bersaing dengan pelaku internasional.

“Dengan demikian akan terjadi inovasi bagi pelaku kopi Temanggung agar menjadi lebih baik, berkelas internasional. Jika penggarapan dan penjualan sudah berkelas internasional hasilnya akan lebih banyak, maka pedagang, pelaku hingga petani sejahtera semua,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button