Nusantara

Kasus Perusakan Arca di Pura Kediri Diselesaikan secara Mediasi

INDOPOSCO.ID – Kapolres Kediri Kota AKBP Wahyudi mengungkapkan bahwa pelaku perusakan patung di Pura Joyo Amijoyo, Kediri, telah menyerahkan diri dan telah dilakukan mediasi dengan Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kediri.

Kapolres Kediri Kota mengatakan bahwa pelaku diantar orang tuanya ke kantor polisi sebagai bentuk pertanggungjawaban dari patung yang rusak tersebut. Pelaku juga mengaku tidak sengaja, sehingga dilakukan mediasi.

“Alhamdulillah saya telah memimpin mediasi antara Mas Toni dengan pihak Pura, PHDI dan Muspika Grogol. Bahwa kejadian rusaknya Arca Dwarapala adalah perbuatan yang tidak disengaja. Dan ini memang seperti dugaan awal kita dari kepolisian bukan dirusak,” katanya di Kediri, Minggu (20/2).

Ia menjelaskan, saat kejadian Toni sedang bermain telepon seluler dan mencari sinyal. Secara tidak sengaja jatuh ke kenan dan mengenai Arca Dwarapala.

Yang bersangkutan sempat kembali menyusun arca itu, namun gagal akhirnya masuk ke rumah. Hingga akhirnya diketahui pihak Pura pada Jumat (18/2) pagi.

“Dan yang baik disini adalah Mas Toni mengakui kesalahannya dan Alhamdulillah pihak Pura Joyo Amijoyo dan PHDI telah memaafkan yang bersangkutan,” kata Kapolres.

Ia juga menambahkan, pascamediasi tersebut, pihak Pura Joyo Amijoyo dan PHDI menjamin terciptanya kehidupan normal seperti biasanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button