Nusantara

Wakil Bupati Blitar Dipanggil Polisi Terkait Pemalsuan Putusan Sengketa Tanah

INDOPOSCO.ID – Kepolisian Daerah Jawa Timur telah melayangkan pemanggilan kepada Wakil Bupati Blitar Rahmat Santoso terkait dugaan pemalsuan surat putusan sengketa tanah yang dilaporkan pengusaha asal Surabaya Hadi Prajitno.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Polisi Gatot Repli Handoko dikonfirmasi di Surabaya, Rabu, mengatakan pemanggilan itu berdasarkan LP/623.01/IX atau SPKT/POLDA JATIM atas dugaan surat putusan palsu dari Mahkamah Agung terkait sengketa tanah di kawasan Osowilangun.

“Dari Ditreskrimum kemarin sudah melayangkan panggilan, tapi beliau nya (Rahmat) tidak hadir. kemungkinan dipanggil tanggal 19 (Februari),” ujarnya, seperti dikutip Antara, Rabu (16/2/2022).

Sementara itu, pengacara pelapor, Satria W. A. Warman, mengatakan pihaknya melaporkan ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polda Jatim sejak 28 November 2021. Rangkaian pemeriksaan sudah dijalani.

Mengenai kasus yang dilaporkan, ia menjelaskan dugaan pemalsuan surat itu dilakukan Rahmat sebelum menjabat Wabup Blitar. Saat itu, terlapor masih menjadi pengacara.

“Kami sudah bersurat ke MA dan mendapat balasan kalau putusan tersebut (yang diberikan Rahmat) tidak terdaftar alias palsu,” ucapnya.

Satria menjelaskan mulanya Hadi yang mewakili Kaman bin Irfa’i (ahli waris Haji Djabar), meminta bantuan Rahmat untuk mengurus Peninjauan Kembali di Mahkamah Agung untuk perkara sengketa Tata Usaha Negara (TUN) untuk buku tanah pendaftaran huruf c 181 pada 2018 lalu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button