Nusantara

400 Pejabat Struktural di Banten Dikabarkan Beralih Menjadi Fungsional

INDOPOSCO.ID – Dalam angka penyederhanaan struktur birokrasi di Provinsi Banten, dikabarkan sebanyak 400 orang pejabat struktural eselon IV atau pengawas setingkat kepala seksi (Kasi), dan eselon V atau pelaksana akan beralih status dari pejabat struktural menjadi fungsional atau staf pelaksana di seluruh Ogranisasi Parangkat Daerah (ODP) di lingkungan Pemerintahan Provinsi (Pemprov) Banten.

Sumber INDOPOSCO di Pemprov Banten mengungkapkan, pada tahap pertama peralihan status dari pejabat struktural menjadi fungsional ini akan dilakukan terhadap 400 ASN (Aparatur Sipil Negara) yang menjabat sebagai Kepala Seksi, Kepala Sub Seksi dan Kepala Sub Bagian.

”Jadi nantai di OPD itu hanya ada Kepala Dinas/Badan, Sekretaris, Kepala Bidang dan Kepala Sub Bagian Umum dan kepegawaian,” terang seorang pejabat eselon II di Pemprov Banten kepada INDOPOSCO, Jumat (7/1/2022).

Baca Juga : Atasi Pengangguran, Pemprov Banten Disarankan Bangun BLK

Ia menjelaskan, ASN yang dialihkan dari jabatan struktural harus memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang berlaku dalam jabatan fungsional.

“Karena itu proses penyederhanaan birokrasi dilakukan melalui proses penyederhanaan struktur organisasi, dan tidak dengan serta merta memindahkan kewenangan dalam jabatan struktural ke jabatan fungsional,” ungkapnya.

Dikatakan, dengan adaya penyederhanaan birokrasi ini nantinya akan berdampak pada model struktur organisasi yang tidak lagi berbasiskan struktural, namun berubah menjadi organisasi dengan dua level yang dibangun secara fungsional.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button