Nusantara

Terkait Data Vaksinasi, Bupati Serang Akan Layangkan Surat ke Kemendagri

INDOPOSCO.IDBupati Serang, Ratu Tatu Chasanah akan melayangkan surat ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terkait persoalan perbedaan data vaksinasi Covid-19 di Kabulaten Serang.

Kepal Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Serang, dr. Agus Sukmayadi, kepada Indoposco.id, Selasa (14/1/2022) menjelaskan bahwa di Kabupaten Serang terjadi perbedaan data capaian vaksinasi Covid-19 antara Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) berbasis Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan KPCPEN berbasis fasilitas kesehatan (faskes).

Baca juga: Vaksinasi Booster Sasar 21 Juta Jiwa Masyarakat Indonesia

“Perbedaan datanya sangat jauh. Karena itu, Ibu Bupati akan melayangkan surat ke Kemendagri dan Kemenkes untuk mencari solusi terkait perbedaan data cakupan vaksinasi ini. Ini terjadi karena di awal kegiatan Polres dan Kodim menggunakan p-care di luar Kabupaten Serang saat mengupload hasil vaksinasi,” ujar Agus Sukmayadi.

Agus menjelaskan P-care adalah bagian dari sistem informasi berbasis website yang sudah disediakan BPJS Kesehatan. Aplikasi inj untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), seperti puskesmas, klinik pratama dan dokter praktik mandiri dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat.

Sebelumnya Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah  menyampaikan bahwa terjadi persoalan terkait dengan jumlah vaksinasi  berbasis KTP dengan vaksinasi  berbasis faskes di Kabupaten Serang.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button