Nusantara

KORMI Kota Serang Gelar Lomba Olahraga Tradisional

INDOPOSCO.IDOlahraga tradisional merupakan ‘kekayaan’ berharga peninggalan nenek moyang yang harus dilestarikan agar tidak sirna digerus oleh perkembangan zaman.

Selain membuat sehat, bugar dan gembira, setiap jenis olahraga tradisional, dipastikan sarat dengan makna dan pesan berharga yang tersimpan di dalamnya.

Demikian diungkapkan Ketua Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Kota Serang, Jumhadi ditemui di sela kegiatan Festival Olahraga Rekreasi dan Tradisional yang digelar di lapangan Pengampelan, Kampung Ampel, Kelurahan Pengampelan, Kecamatan Walantaka, Kota Serang.

Baca Juga : KORMI Kota Serang Jaring Atlet Dalam Festival Olahraga Tradisional

Jumhadi memaparkan, pada festival Olahraga tradisional KORMI Kota Serang ini, sedikitnya ada enam jenis olahraga sekaligus permainan tradisional yang dilombakan, yaitu egrang, bentengan, bakiak panjang, gatrik, dagongan dan gobak sodor.

Melalui festival Olahraga tradisional yang mengusung tema “Sehat, Bugar, Gembira dan Luar Biasa” ini, diharapkan masyarakat tidak hanya menganggap bahwa olahraga hanya untuk menyehatkan badan saja, tapi menjaga warisan.

Misalnya gobak sodor, terang Jumhadi, jenis olahraga tradisional ini sangat dibutuhkan ketangkasan dan strategi yang cepat untuk bisa menerobos pertahanan lawan.

Jika diamati secara cermat, selain melatih fisik dan pikiran seseorang, menurut Jumhadi olahraga ini juga mengajarkan tentang kepribadian.

Kata Jumhadi, ada nilai besar dan berharga yang terkandung dalam olahraga atau permainan gobak sodor ini, yaitu kebersamaan dan kontrol diri, terutama bagi kelompok atau tim yang sedang bertahan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button