Nusantara

Ada 14 Kecamatan di Mandailing Natal Terendam Banjir

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 14 kecamatan di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara, diterpa banjir akibat tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan itu dalam beberapa hari terakhir.

Berdasarkan data yang didapat dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madina, ke-14 kecamatan yang direndam banjir tersebut adalah Kecamatan Panyabungan, Panyabungan Barat, Panyabungan Timur, Panyabungan Selatan, Siabu, Hutabargot, Nagajuang, Batang Natal, Lingga Bayu, Ranto Baek, Sinunukan, Natal dan Kecamatan Muara Batang Gadis.

Dalam bencana itu ribuan perumahan penduduk juga ikut terendam. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Madina, Subuki yang dikonfirmasi ANTARA, Sabtu, menyampaikan banjir yang terjadi akibat tingginya curah hujan yang menyerang beberapa daerah pada kecamatan itu dalam 2 hari ini.

“Tingginya curah hujan sejak Jumat (17/12/2021) hingga hari ini mengakibatkan beberapa sungai meluap dan menggenangi perumahan penduduk,” ucapnya.

Baca Juga: Longsor-Banjir Landa Agam Akibatkan 40 Rumah Terendam

Selain itu tingginya curah hujan tersebut juga mengakibatkan ruas jalan bidang Jembatan Merah-Muarasoma tertutup material longsor.

Dari informasi sementara yang dikumpulkan dari BPBD Madina berikut ini beberapa titik banjir dan longsor yang terjadi di beberapa kecamatan yang ada di Madina

Di Kecamatan Natal setidaknya ada 5 desa yang terdampak akibat banjir tersebut dan ribuan rumah penduduk ikut terendam akibat tingginya debit air.

Ada pula desa-desa yang terdampak banjir itu adalah Desa Patiluban Mudik (250 rumah terendam), Desa Sikara Kara IV (400 rumah terendam), Bonda Kase (250 rumah terendam), Desa Balimbing (200 rumah terendam) dan Desa Kampung Sawah (350 rumah terendam).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button