Nusantara

Bagikan 30.000 Sertipikat Tanah di Sulbar dan DIY, Menteri ATR/Kepala BPN: Terima Kasih atas Kerja Keras Semua Pihak

INDOPOSCO.ID – Melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) membagikan 30.000 sertipikat tanah kepada masyarakat di Provinsi Sulawesi Barat dan D.I. Yogyakarta pada Jumat (10/12/21).

Dalam sambutannya, Menteri ATR/Kepala BPN, Sofyan A. Djalil, mengucapkan terima kasih atas kerja keras semua pihak dalam menyukseskan program PTSL.

“Terima kasih kepada jajaran Kanwil BPN serta kantor pertanahan yang sudah bekerja keras sekali. Lalu, Bapak Gubernur dan Pemda yang telah mendukung BPN sehingga dapat bekerja dengan baik,” kata Sofyan A. Djalil melalui daring.

Menteri ATR/Kepala BPN mengatakan bahwa penyerahan sertipikat pada hari ini, merupakan bukti dari pemerintah dalam memberikan legalitas hak atas tanah.

Selain itu, ini juga merupakan bukti pemerintah yang ingin mendaftarkan seluruh tanah di wilayah Indonesia.

“Namun, kecepatan kita dalam kegiatan pendaftaran tanah ini tergantung dari minat masyarakat. Banyak masyarakat yang memang belum antusias memiliki sertipikat tanah, terutama di luar Pulau Jawa. Oleh sebab itu, Kementerian ATR/BPN terus gencar melakukan sosialisasi supaya pendaftaran tanah dilakukan secara lengkap,” kata Sofyan A. Djalil.

Kepemilikan sertipikat tanah bertujuan untuk memberikan kepastian hukum hak atas tanah kepada masyarakat.

Menteri ATR/Kepala BPN menyebutkan bahwa semakin maju suatu daerah maka harga tanahnya akan semakin naik dan juga akan diikuti adanya sengketa dan konflik pertanahan.

Oleh sebab itu, sebelum sengketa dan konflik tanah muncul maka pemerintah ingin mendaftarkan setiap bidang tanah.

“Adanya sertipikat tanah ini, juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk menggunakan sertipikatnya dalam mendukung kemajuan ekonomi. Secara ekonomi, sertipikat tanah akan menciptakan _financial inclusion_ sehingga masyarakat dapat akses ke bank untuk modal usaha,” kata Menteri ATR/Kepala BPN.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button