Nusantara

Ini Capaian Penindakan Korupsi Polda Banten pada 2021

INDOPOSCO.ID – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten, Inspektur Jenderal (Irjen) Rudy Heriyanto memaparkan capaian penindakan korupsi yang berhasil diungkap Polda Banten dalam kurun waktu 2021.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada para penyidik baik di tingkat Polda maupun Polres jajaran yang telah secara konsisten melakukan upaya represif terhadap para pelaku tindak pidana korupsi.

“Polda Banten telah memproses 13 laporan polisi terkait kasus tindak pidana korupsi (tipikor) pada tahun 2021. 8 kasus di antaranya telah dinyatakan sempurna dan dalam proses persidangan, sementara 5 kasus lainnya masih dalam proses penyidikan,” katanya, Kamis (9/12/2021).

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Banten pada tahun 2021, telah mengungkap tiga kasus tindak pidana korupsi (tipikor), termasuk kasus pungutan liar pada sektor pelayanan publik di Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Lebak melalui operasi tangkap tangan.

Selain itu, pada bulan yang sama, Ditreskrimsus Polda Banten juga telah melakukan penangkapan terhadap pimpinan PT. Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) Cabang Cilegon, BUMN atas kasus korupsi pengerjaan konstruksi betonisasi fiktif senilai Rp4.894.400.213.

“Saat ini penyidik Ditreskrimsus Polda Banten tengah fokus pada penyidikan tindak pidana korupsi dalam pengadaan lahan di lingkungan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Serang yang terindikasi mark-up dengan nilai kerugian negara yang juga cukup besar,” paparnya.

Kepala Bidang Humas Polda Banten, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Shinto Silitonga menambahkan, tidak hanya di Polda Banten, Polresta Tangerang juga melakukan pengungkapan terhadap lima kasus tipikor dana desa yang dilakukan oleh mantan Kepala Desa Pekayon dan mantan Kepala Desa Buaran Jati, masing-masing terhadap dana desa tahun 2016 dan tahun 2018.

“Penyidik menetapkan 5 tersangka atas kasus korupsi dana desa di Tangerang, 3 diantaranya telah dinyatakan sempurna pada Agustus 2021 lalu dan 2 lainnya masih dalam proses penyidikan. Akibat tindak pidana korupsi ini, negara dirugikan lebih dari Rp1 miliar,” tambahnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button