Nusantara

Yogyakarta Perketat Aturan Perjalanan Libur Natal dan Tahun Baru

INDOPOSCO.ID – Pemerintah Kota Yogyakarta berencana memperketat aturan perjalanan dan penerapan protokol kesehatan saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 untuk mengantisipasi potensi melonjaknya kasus Covid-19.

“Secara detail, memang belum ada informasi dari pusat mengenai aturan baru yang nanti akan ditetapkan saat libur Natal dan Tahun Baru. Tetapi, bagi pemerintah daerah yang perlu dilakukan adalah memastikan tidak terjadi kerumunan dalam jumlah besar,” tutur Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi di Yogyakarta, Selasa.

Menurut dia, upaya untuk mengantisipasi timbulnya potensi kerumunan dapat dilakukan dengan memperketat aturan perjalanan dan penerapan protokol kesehatan hingga kewajiban sudah menjalani 2 kali vaksinasi bagi pelaku perjalanan.

Kerja sama dengan usaha jasa pariwisata seperti hotel, lanjut Heroe juga akan dikuatkan karena dimungkinkan wisatawan yang datang saat libur Natal dan Tahun Baru didominasi rombongan keluarga dengan kendaraan pribadi.

“Wisatawan pasti akan langsung datang ke hotel sehingga pemenuhan syarat perjalanan menjadi sangat penting untuk di cek kembali saat mereka sudah sampai di Yogyakarta,” tuturnya.

Sedangkan untuk wisatawan yang datang secara berombongan menggunakan bus pariwisata, Heroe mengatakan akan tetap menerapkan kebijakan one gate system yaitu melakukan skrining di Terminal Giwangan untuk memastikan seluruh wisatawan sudah divaksinasi.

“Selama 3 bulan terakhir, bisa dikatakan kasus di Kota Yogyakarta sangat teratasi. Pasien yang terkonfirmasi positif pun banyak yang tidak membuktikan gejala sakit,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button