Nusantara

Menghidupkan Kembali Situs Megalitik Tutari di Papua

INDOPOSCO.ID – Situs megalitik selalu menarik ditelisik untuk mengetahui perkembangan peradaban manusia di suatu wilayah, salah satunya di Papua.

Borobudur Writersand Culture Festival (BWCF) ke-10 berusaha mengupas Situs Megalitik Tutari yang berada di Danau Sentani Barat, Doyo Lama, Jayapura, Papua.

Situs Megalitik Tutari merupakan peninggalan nenek moyang sekaligus menjadi kapsul waktu untuk mengetahui kondisi peradaban dan alam saat itu.

Kawasan Bukit Tutari dikelilingi oleh sejumlah batu tegak, serta deretan bongkahan-bongkahan batu yang dilukis dengan cara digores dalam berbagai motif. Seperti manusia flora dan fauna endemik Danau Sentani, benda budaya dan geometris.

Peneliti Balai Arkeologi Papua Hari Suroto menyatakan, Situs Megalitik Tutari sempat menjadi destinasi wisata para wisatawan dan atlet Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Perpanas) XVI.

Tak hanya dilestarikan sebagai peninggalan sejarah, pemerintah setempat melalui Balai Arkeologi Papua berusaha menyejahterakan masyarakat disekitar situs, Danau Sentani bahkan Jayapura melalui Situs Megalitik Tutari.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button