Nusantara

Sekolah Adiwiyata Tanamkan Pendidikan Karakter

INDOPOSCO.ID – Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy membuka secara resmi Sarasehan Forum Adiwiyata Kota Tangerang Selatan yang digelar di Aula SMPN 4 Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Selasa (16/11/2021). Andika mengatakan, sekolah adiwiyata bukan hanya soal lingkungan hidup, melainkan juga tanamkan pendidikan karakter.

“Tidak mudah untuk mencapai Sekolah Adiwiyata, karena diperlukan komitmen yang tinggi dari Kepala Sekolah serta dukungan aktivitas dari seluruh warga sekolah dalam menjalankan aktivitas Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang baik,” kata dia.

Menurut Andika, sekolah yang terlihat indah, rapih, bersih, sehat, aman dan nyaman tidak terlepas dari bagaimana sekolah mengelola dengan baik serta bergantung dari kerjasama semua pihak yang ada di sekolah tersebut.

“Saya mengucapkan selamat kepada Kepala Sekolah dan warga sekolah di lingkungan Kota Tangerang Selatan yang telah berhasil mendapatkan Piagam Adiwiyata Tingkat Nasional maupun Piagam Adiwiyata Tingkat Mandiri. Dan ke depan, berharap dapat meningkatkan capaian prestasi Sekolah Adiwiyata,” paparnya.

Dikatakan Andika, kegiatan pelestarian lingkungan hidup melalui program Adiwiyata di sekolah yang banyak melibatkan siswa di lingkungan sekolah dapat dijadikan sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Guru dapat menjadikan kegiatan pelestarian lingkungan hidup yang memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar berwawasan lingkungan.

Lebih jauh Andika mengatakan, Program Adiwiyata bertujuan untuk menciptakan sekolah peduli dan berbudaya lingkungan. Melalui Adiwiyata, warga sekolah bertanggung jawab dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, melalui tata kelola sekolah yang baik untuk mendukung pembangunan berkelanjutan. Adiwiyata memiliki makna, tempat yang ideal bagi seseorang untuk mendapatkan ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam kehidupan sosial, khususnya di bidang Lingkungan Hidup.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button