Nusantara

Inovasi Filtrasi Air Gambut Bantu Akses Masyarakat Mendapatkan Air Bersih

INDOPOSCO.ID – PT Kilang Pertamina Internasional Unit Sungai Pakning resmikan inovasi Filagam atau Filtrasi Air Gambut pada Kamis (11/11/2021) di Desa Lubuk Muda, Kecamatan Siak Kecil. Filagam merupakan teknologi yang dikembangkan Perwira Pertamina untuk mengolah air gambut yang sebelumnya berwarna coklat menjadi jernih dan layak digunakan untuk masyarakat.

Lahirnya Inovasi program Filagam, dilatarbelakangi oleh kondisi masyarakat Desa Lubuk Muda di sekitar Sungai Dayang kesulitan dalam mengakses air bersih.

Air gambut ini kalau dulu aman digunakan, masih bersih. Tapi semenjak banyaknya zat-zat kimia yang masuk ke tanah gambut kita melalui pupuk dan lainnya mengakibatkan air sungai kita terkontaminasi lah istilahnya. Jadi kami juga ragu untuk menggunakan air gambut dan lebih memilih menampung air hujan untuk kebutuhan MCK,”jelas Ilham, Tokoh Masyarakat Desa Lubuk Muda.

Pemanfaatan inovasi ditandai dengan diresmikannya fasilitas Filagam oleh General Manager Kilang Pertamina Internasional RU II Dumai, Permono Avianto bersama jajaran Forkompimcam Siak Kecil.

Sekretaris Camat Siak Kecil, Aulia Fikri menyatakan, lahirnya inovasi Filagam memberikan kemudahan bagi masyarakat di wilayahnya mengakses air bersih.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button