Nusantara

Gempa M 5,1 yang Guncang Tapanuli Selatan Akibat Ini

INDOPOSCO.ID – Gempa bermagnitudo (M) 5,1 yang terjadi di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara pada Jumat pukul 17.44 WIB merupakan gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi, menurut penjelasan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempabumi terletak pada koordinat 1,32° Lintang Utara (LU) ; 98,84° Bujur Timur (BT), atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 38 km arah Barat Daya Kota Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara pada kedalaman 81 km.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi menengah akibat aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan sesar naik (thrust fault),” ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangannya yang diterima di Jakarta dilansir Antara, Jumat (12/11/2021).

Bambang menjelaskan guncangan gempabumi dirasakan di daerah Pinangsori dan Padang Sidempuan III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Kab. Nias Selatan dan Kab. Nias II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda- benda ringan yang digantung bergoyang).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button