Nusantara

BKSDA Sumbar Gagalkan Transaksi Gelap Hewan Dilindungi

INDOPOSCO.ID – Tim Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) menggagalkan transaksi gelap terhadap owa ungko yang merupakan jenis satwa dilindungi oleh salah seorang pelaku berinisial RP alias T (24).

Pengungkapan transaksi gelap satwa dilindungi itu dilakukan saat pelaku hendak menjualnya di depan Puskesmas Kayu Tanam, Kecamatan 2×11 Enam Lingkung, Padangpariaman pada Minggu (31/10) malam.

“Perbuatan pelaku diduga telah melanggar Undang-Undang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya dengan ancaman hukuman lima tahun penjara dan denda seratus juta rupiah,” kata Kepala Balai KSDA Sumbar Ardi Andono, di Padang, Senin (1/11), seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan perbuatan pelaku yang memperjualbelikan satwa liar itu melanggar Pasal 40 ayat (2), juncto 21 ayat (2), huruf a dan d Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

Hasil operasi tangkap tangan malam itu, tim BKSDA mengamankan sejumlah barang bukti berupa dua ekor anak owa ungko (Hylobates agilis) dalam keadaan hidup, dua kepala kijang, dan 1 kepala rusa yang telah diawetkan.

Dia mengatakan pelaku RP yang diketahui warga Sungai Sapih, Kuranji, Padang beserta barang bukti langsung diserahkan ke penyidik Polda Sumbar guna diproses lebih lanjut.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button