Nusantara

Ratusan Hektare Tanah di Banten Disita Negara. Ada Apa?

INDOPOSCO.ID – Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) Banten, menyita barang rampasan negara atas kasus dugaan korupsi pada PT Asuransi Jiwasraya.

Ada ratusan hekatare tanah, barang bergerak, dan barang tidak bergerak yang disita. Bidang tanah itu ada di empat daerah wilayah Provinsi Banten. Namun sejauh ini, belum ada nilai total keseluruhan dari hasil sitaan. Sebab samai saat ini masih dalam proses penilaian.

Kepala Pusat Pemulihan Aset (Kapus PPA) Kejaksaan Agung, Elan Suherlan mengatakan, saat ini kegiatan penilaian sampai pada tahap survei lokasi barang rampasan negara.

Ada empat daerah yang menjadi wilayah barang sitaan. Di antaranya, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) barang rampasan negara perkara terpidana Joko Hartono Tirto dan terpidana Hary Prasetyo, ada dua bidang tanah dan bangunan.

Kemudian di Kabupaten Tangerang, barang rampasan negara perkara terpidana Benny Tjokrosaputro, terpidana Hary Prasetyo dan terpidana Heru Hidayat.

Ada 37 bidang dengan luas keseluruhan 281.993 meter persegi (m2) dan satu unit apartemen. Bidang tanah itu berada di limal kecamatan yang tersebar di 14 desa.

“Kecamatan Serpong, dua bidang tanah dengan luas seluruhnya 5.860 m2. Kecamatan Cisauk, 20 bidang tanah dengan luas seluruhnya 229.147 m2 dan satu unit apartemen. Kecamatan Cikupa, empat bidang tanah dengan luas seluruhnya 18.503 m2. Kecamatan Tigaraksa, dua bidang dengan luas seluruhnya 5.700 m2. Kecamatan Sepatan, sembilan bidang dengan luas seluruhnya 22.783 m2,” katanya saat ditemui di Kejati Banten, Jumat (29/10/2021).

Selanjutnya di Kabupaten Serang, barang rampasan negara perkara terpidana Benny Tjokrosaputro, ada satu bidang tanah dengan luas 35.100 m2 di Kecamatan Tanara.

Untuk di Kabupaten Lebak, barang rampasan negara perkara terpidana Benny Tjokrosaputro, ada 654 bidang tanah/bangunan bidang tanah dengan luas seluruhnya sekitar 300 hektare yang tersebar secara sporadik di enam kecamatan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button