Nusantara

Bea Cukai Sidoarjo Gaungkan Gempur Rokok Ilegal lewat Sosialisasi

INDOPOSCO.ID – Terus bersinergi kampanyekan semangat gempur rokok ilegal, Bea Cukai Sidoarjo kembali menggencarkan sosialisasi cukai terkait rokok yang digelar setidaknya di enam lokasi berbeda. Sosialisasi ini menyasar berbagai lapisan masyarakat mulai dari penjual rokok eceran, aliansi mahasiswa, ormas, hingga perangkat desa.

Kepala Kantor Bea Cukai Sidoarjo, Pantjoro Agoeng, pada Jumat (29/10) mengatakan dalam memasyarakatkan pemberantasan gempur rokok ilegal, Bea Cukai Sidoarjo melakukan dengan dua cara. “Cara pertama yaitu dengan kegiatan preventif dan edukatif seperti sosialisasi. Kedua dengan kegiatan yang bersifat represif seperti penindakan,” ungkapnya.

Dikatakan Agoeng bahwa modus pelanggaran rokok ilegal semakin bervariasi dan berkembang, mulai dari pemalsuan jenis barang pada paket yang dikirimkan melalui jasa pengiriman, produksi rokok ilegal di kawasan perumahan hingga pemasaran melalui e-commerce. Dengan semakin dekatnya modus pelanggaran terhadap masyarakat maka sangat diperlukan sosialisasi dan edukasi yang masif tentang jenis-jenis rokok ilegal yang beredar.

Baca Juga : Pacu Geliat Ekspor di Daerah, Bea Cukai Gandeng Instansi Lain

Pada gelaran sosialisasi disampaikan mengenai ciri-ciri dan cara identifikasi rokok ilegal. Kemudian dampak dari peredaran rokok ilegal juga disampaikan kepada peserta sosialisasi. Maraknya peredaran rokok ilegal di tengah masyarakat mengakibatkan penerimaan negara di bidang cukai berkurang dan berimbas pada kesejahteraan rakyat. Banyak sektor negara yang pembiayaannya berasal dari penerimaan cukai.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button